Masjid Agung Al-Azhar Jakarta Gelar Salat Ied Terbatas

CNN Indonesia | Selasa, 11/05/2021 16:23 WIB
Pengurus Masjid Al Azhar, Jakarta Selatan menyatakan akan menggelar salat Idulfitri secara terbatas. Masjid Al Azhar. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Kantor Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,  Iding mengatakan pihaknya akan tetap menggelar Salat Idulfitri 1442 Hijriah dengan jumlah jemaah terbatas.

"Insyallah kami akan menggelar salat Idulfitri," kata Iding kepada CNNIndonesia.com, Selasa (11/5).

Iding menjelaskan bahwa salat Ied nantinya tak dilakukan di dalam masjid. Melainkan akan digelar di lapangan yang terletak di area masjid tersebut.


Dia juga memastikan protokol kesehatan pencegahan virus corona akan diterapkan dengan sangat ketat kepada jemaah. Di antaranya dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan membawa sajadah sendiri.

"Tempatnya di lapangan. Dengan protokol kesehatan yang ketat," kata dia.

Selain itu, Iding juga memastikan pihaknya tak membiarkan seluruh lapangan dipenuhi kapasitasnya oleh para jemaah. Ia menegaskan bahwa jemaah hanya akan dibatasi sebesar 50 persen dari total kapasitas lapangan.

"Kami mengizinkan 50 persen jemaah dari total kapasitas lapangan untuk menggelar salat Ied," kata dia.

Diketahui, beberapa masjid-masjid besar di pelbagai wilayah menggelar ibadah salat Ied meski masih berada di tengah pandemi virus corona. Beberapa di antaranya seperti Masjid Agung Kota Medan hingga Masjid Agung Semarang.

Sementara itu, Masjid Istiqlal Jakarta sudah memutuskan kembali tak menggelar ibadah Salat Ied pada tahun ini karena alasan pandemi virus corona yang belum terkendali.

(rzr/ugo)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK