Jemaah Syattariyah Habib Muda Seunagan Aceh Idulfitri 12 Mei

CNN Indonesia | Rabu, 12/05/2021 10:10 WIB
Tarekat Syattariyah pengikut Habib Muda Seunagan di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, merayakan Idulfitri 1442 Hijriah pada hari ini, Rabu 12 Mei. Jamaah Tarekat Syattariah melaksanakan salat Idul Fitri 1440 Hijriah di Masjid Babul Hidayah Desa Lek Lek, Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat, Aceh, 2019 silam. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)
Banda Aceh, CNN Indonesia --

Ribuan umat muslim tarekat Syattariyah pengikut Habib Muda Seunagan di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh menetapkan hari raya Idulfitri 1442 Hijriah jatuh pada hari Rabu (12/5).

Mereka akan menggelar salat Id di Komplek Masjid Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya. Pengikut ini sebelumnya juga menetapkan awal Ramadan pada Senin (12/4), atau satu hari lebih cepat dari yang ditetapkan pemerintah.

Cucu Habib Muda Seunagan, Said Kamaruddin mengatakan, pihaknya menetapkan Hari Raya Idulfitri berdasarkan hisab yang dilakukan oleh sejumlah ulama pengikut Habib Muda Seunagan yang ada di Kabupaten Nagan Raya.


"Alhamdulillah hari ini kita sudah merayakan Idulfitri 1442 Hijriah setelah berpuasa sebulan penuh, itu berdasarkan hitungan, dan seluruh pengikut Abu Habib Muda Seunagan akan berhari raya," kata Said saat dikonfirmasi, Rabu dini hari (12/5).

Walaupun lebih cepat dari Pemerintah, ia meminta seluruh pengikut Habib Muda Seunagan yang merayakan lebaran untuk menghormati umat muslim yang masih melaksanakan ibadah puasa.

"Kita sudah ingatkan untuk warga yang merayakan lebaran lebih awal untuk tetap menghormati yang masih puasa," katanya.

Selain di Kabupaten Nagan Raya, pengikut Habib Muda Seunagan juga tersebar di sejumlah daerah di Aceh, seperti di Kabupaten Gayo Lues, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Tengah, Tapaktuan hingga ke Kota Subulussalam.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan Hari Raya Idulfitri atau 1 Syawal 1442 Hijriah di Indonesia jatuh pada Kamis (13/5).

Kemenag mengambil keputusan tersebut berdasarkan hasil sidang Isbat penentuan awal Syawal 1442 H yang dipimpin langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Selasa (11/5) petang.

Yaqut mengatakan sidang isbat berkesimpulan bahwa hilal tak teramati dari sejumlah lokasi pemantauan di wilayah Indonesia.

"1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada Kamis 13 Mei 2021," ujar Menag Yaqut membacakan hasil ketetapan sidang isbat di Kementerian Agama, Selasa (11/4) malam. (dra)

(dra/wis)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK