Cegah Kerumunan, Polisi Akan Buka-Tutup Akses Tempat Wisata

CNN Indonesia | Rabu, 12/05/2021 12:54 WIB
Polisi bakal memberlakukan sistem buka tutup akses ke lokasi wisata di DKI Jakarta selama libur Lebaran, salah satunya demi mengontrol jumlah pengunjung. Ilustrasi Sistem Buka-Tutup lalu lintas. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepolisian bakal menerapkan sistem buka tutup akses lalu lintas kendaraan ke tempat wisata di wilayah Jakarta saat libur Lebaran nanti.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan bakal menerjunkan personel untuk menjaga keamanan di sekitar lokasi wisata.

"Ditlantas Polda Metro Jaya akan lakukan penjagaan dan di titik-titik menuju akses tempat wisata," kata Sambodo kepada wartawan, Rabu (12/5).


Nantinya, personel di pos pengamanan itu akan memantau kapasitas pengunjung di tempat wisata. Jika sudah melebihi daya tampung yang ditentukan maka akses menuju tempat wisata akan ditutup. Langkah tersebut perlu ditempuh guna mencegah kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

"Kalau pos pengamanan sudah katakan bahwa tempat wisata sudah penuh, maka saya akan menutup akses menuju tempat wisata tersebut untuk hindari kerumunan wisata tersebut," tutur Sambodo.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengendalian Aktivitas Masyarakat Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 pada Masa Libur Idulfitri 1442 H/2021 M.

Dalam seruan tersebut, salah satu poin yang diatur adalah tentang pembatasan jam operasional tempat wisata dan pembatasan kapasitas pengunjung.

"Kemudian untuk kawasan wisata, maksimal pengunjung 30 persen dan hanya menerima pengunjung ber-KTP setempat, jadi tempat wisata di Bogor hanya menerima pengunjung dari Bogor, tempat wisata di Jakarta hanya menerima pengunjung ber-KTP Jakarta," kata Anies, Senin (10/5).

Infografis Titik Penyekatan Larangan Mudik di Jabodetabek newInfografis Titik Penyekatan Larangan Mudik di Jabodetabek. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)

(dis/nma)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK