H-1 Idulfitri, Tol Jakarta-Cikampek Sepi

CNN Indonesia | Rabu, 12/05/2021 19:40 WIB
Pada H-1 Idulfitri, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau sepi dan petugas tetap memutar balik kendaraan yang tak sesuai aturan. Pada H-1 Idulfitri, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau sepi dan petugas tetap memutar balik kendaraan yang tak sesuai aturan. (CNN Indonesia/Syakirun Niam)
Jakarta, CNN Indonesia --

Volume kendaraan di titik penyekatan KM 31 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat mengalami penurunan volume kendaraan dan terpantau sepi pada H-1 Idulfitri.

Kasat Patroli Jalan Raya Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Akmal menyebut, hingga hari ini, petugas di KM 31 telah meminta 73.150 kendaraan putar balik ke arah Jakarta.

"(Volume kendaraan) turun," tuturnya saat dihubungi via pesan teks, Rabu (12/5). 


Meski demikian, petugas yang berjaga tetap melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang lewat. Polisi bersiaga menjadi tiga ring di dua ruas jalan tol.

Ring pertama dan kedua dilakukan bertugas melakukan pengecekan dokumen. Sementara, ring ketiga bertugas untuk menyekat kendaraan yang tidak diizinkan lewat.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, penumpukan kendaraan akibat pemeriksaan hanya terjadi sepanjang 300 meter.

Meski sepi, tidak sedikit kendaraan yang lewat diminta putar balik ke arah Jakarta oleh petugas.

Salah seorang petugas mengatakan, meski memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) banyak dari mereka yang diminta putar balik karena tidak memiliki surat keterangan hasil tes deteksi Covid-19.

Selain itu, beberapa pengendara yang melampirkan surat tugas dari kantor, tidak disertai stempel basah. Menurut petugas, kebanyakan dari para pengemudi hanya mencetak surat digital.

Padahal berdasarkan Surat Edaran KepalaSatuan Tugas Nomor 13 Tahun 2021 Larangan Mudik Hari Raya Idul Fitri dan Pengendalian COVID-19 selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah mengharuskan surat tugas pekerja swasta disertai stempel basah.

(iam/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK