Dari Istana Bogor, Jokowi Memohon Maaf Lahir dan Batin

CNN Indonesia | Rabu, 12/05/2021 20:25 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah seraya memohon maaf lahir dan batin kepada masyarakat Indonesia. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah seraya memohon maaf lahir dan batin kepada masyarakat Indonesia. (Biro Pers/Lukas)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah seraya memohon maaf lahir dan batin kepada masyarakat Indonesia.

"Dari Istana Kepresidenan Bogor, saya mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," ujar Jokowi seperti disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (12/5).

Jokowi kembali mengingatkan kepada segenap rakyat Indonesia bahwa pandemi Covid-19 masih berlangsung pada Lebaran kali ini. 


Dia mengakui ada keterbatasan dalam perayaan Idulfitri kali ini. Dia pun mengaku paham banyak orang yang tak bisa menyapa keluarga di kampung halaman karena pandemi yang belum selesai tertangani.

"Idulfitri tahun ini kita masih harus berhadapan dengan pandemi Covid-19, kita juga masih harus bersabar dan menahan diri karena tidak bisa bersilaturahmi secara langsung, secara tatap muka dengan keluarga dan handai taulan," kata Jokowi.

 Jokowi mengakui masyarakat menghadapi situasi yang berat. Namun, ia menyebut semua pihak harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan bersama.

Mantan Wali Kota Solo itu berharap Idulfitri kali ini jadi momentum kebangkitan bangsa Indonesia melawan pandemi. Ia berdoa agar Indonesia segera dapat terbebas dari pandemi Covid-19.

Sebagai informasi, Lebaran kali ini jadi Idulfitri kedua dalam suasana pandemi Covid-19. Seperti tahun lalu, kali ini muslim Indonesia menyambut Idulfitri dengan sejumlah pembatasan.

Pemerintah menerapkan larangan mudik pada 6-17 Mei. Selain itu, Salat Ied berjamaah pun diperbolehkan dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

(dhf/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK