Malam Takbiran, Jalanan Bundaran HI hingga Senayan Ramai

CNN Indonesia | Rabu, 12/05/2021 21:11 WIB
Arus lalu lintas di Bundaran HI hingga Senayan, Jakarta terpantau ramai pada Rabu (12/5) malam bersamaan dengan malam takbiran Hari Raya Idul Fitri 2021. Ilustrasi penjagaan di Bundaran HI. Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma
Jakarta, CNN Indonesia --

Arus lalu lintas di Bundaran HI hingga Senayan, Jakarta terpantau ramai pada Rabu (12/5) malam bersamaan dengan malam takbiran Hari Raya Idul Fitri 2021.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com sekitar pukul 20.30 WIB, arus lalu lintas terutama padat di sekitar Bundaran HI, Jakarta Pusat. Meski demikian, arus kendaraan tak sampai menimbulkan kemacetan.

Sementara itu, puluhan aparat kepolisian masih berjaga mengatur arus lalu lintas di sepanjang ruas jalan tersebut.


Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo turut membenarkan hal itu. Ia mengaku telah meninjau arus lalu lintas di kawasan ring satu Ibu Kota dan menyebut volume kendaraan cukup padat.

"Sempat berkeliling dari Bundaran Senayan sampai dengan harmoni kemudian balik lagi ke sini memang situasi lalu lintasnya cukup padat," kata Sambodo ditemui di lokasi.

Meski demikian, ia berkata, arus lalu lintas masih cukup terkendali dan tak sampai menimbulkan kemacetan. Sambodo mengaku juga tak mendapati warga yang berkerumun di sepanjang ruas jalan tersebut.

Sejumlah warga, katanya, hanya sempat terpantau tengah bersepeda atau berfoto di pinggir jalan. Namun, jumlah mereka hanya segelintir dan tak menimbulkan kerumunan dalam jumlah banyak.

"Ada 1-2 (warga) di sekitar Bundaran HI naik sepeda atau berfoto ria dengan teman-temannya, tapi saya pikir jaraknya masih jauh-jauh belum ada kerumunan," kata Sambodo.

Sambodo menyebut bahwa hingga saat ini pihaknya belum berencana untuk menutup arus lalu lintas di ruas jalan tersebut. Penutupan, katanya, akan dilakukan situasional seperti tahun baru jika jumlah kendaraan tak melonjak.

Sedikitnya 1.024 personel aparat kepolisian diketahui diterjunkan untuk mencegah kerumunan pada Rabu (12/5) malam yang bersamaan dengan takbiran. Jumlah tersebut akan disebar ke 20 titik di wilayah Jabodetabek.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Fadil Imran menyebut pihaknya akan melakukan operasi mulai pukul 18.00-22.00 WIB, untuk mengantisipasi kerumunan warga di malam takbiran.

"Kita akan melaksanakan pola filterisasi kendaraan, dimana apabila kita menemukan kendaraan yang hendak melaksanakan takbir keliling diberikan pengarahan diberikan edukasi," katanya.

(thr/gil)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK