Gelar Salat Ied, Masjid Al-Azhar Terapkan Jaga Jarak

CNN Indonesia | Kamis, 13/05/2021 07:53 WIB
Masjid Al-Azhar menggelar salat Ied dengan menerapkan jaga jarak antar jemaah sebagai upaya mencegah penularan covid-19, Kamis (13/5). Masjid Al-Azhar menggelar salat Ied dengan menerapkan jaga jarak antar jemaah sebagai upaya mencegah penularan covid-19, Kamis (13/5).(CNN Indonesia/Yogi Anugrah).
Jakarta, CNN Indonesia --

Masjid Al-Azhar, Jakarta Selatan menggelar salat Idulfitri, Kamis (13/5) pagi. Pengurus masjid menerapkan jaga jarak antar jemaah sebagai upaya mencegah penularan covid-19.

Pantauan CNNIndonesia.com, salat digelar di lapangan terbuka yang berada di sekitar masjid. Sejak pukul 06.00 WIB, jemaah tampak telah datang dan memenuhi lapangan. Mereka mayoritas menggunakan masker.

Sebelum masuk ke area salat, petugas melakukan pemeriksaan suhu kepada jemaah yang datang. Di bagian pintu masuk, juga disediakan tempat untuk cuci tangan.


Di area salat, tidak ada sajadah yang disiapkan, jemaah harus membawa masing-masing. Selain itu, di area salat juga telah diberikan tanda untuk tempat yang boleh diisi. Antar satu jemaah dengan jamaah lain terpantau ada jarak sekitar 1 meter.

Petugas masjid terlihat mengarahkan jemaah agar mengisi tempat yang telah ditandai.

"Di sebelah sini pak, yang ada putihnya," kata petugas kepada jemaah yang datang.

Hingga pukul 06.30, jemaah terus berdatangan, dari pantauan, setidaknya ada ribuan jamaah yang memenuhi lapangan untuk salat Idulfitri. Adapun salat dilaksanakan pada pukul 07.12 WIB.

Sebelumnya, Kepala Kantor Masjid Al-Azhar, Iding mengatakan pihaknya menampung sekitar 7.500 jemaah dalam pelaksanaan salat Idulfitri.

Jumlah tersebut merupakan 50 persen dari kapasitas normal sekitar 15 ribu jemaah.

"Dalam keadaan seperti ini, sesuai aturan pemerintah diisi hanya 50 persen, jadi sekitar 7.500," kata Iding ditemui di lokasi, Rabu (12/5).

(yoa/age)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK