Warga Jakarta Abaikan Anies soal Larangan Ziarah Makam

CNN Indonesia
Kamis, 13 May 2021 16:05 WIB
Masyarakat Jakarta tetap berziarah ke TPU pada hari pertama lebaran, meski beberapa hari sebelumnya Gubernur Anies menyatakan larangannya.                             Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut. (CNN Indonesia/ Yogi Anugrah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan kebijakan untuk menutup seluruh Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Jakarta, dari 12 hingga 16 Mei 2021. Meski begitu banyak masyarakat yang 'ngeyel' untuk berziarah ke TPU di Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.

Agus Salim Koordinator Lapangan Pengamanan Dalam TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan mengatakan banyak masyarakat dari berbagai daerah yang masih ngeyel datang walaupun sudah diimbau dilarang berziarah sementara waktu.

"Arahannya TPU Jeruk Purut sementara ditutup 12-16 Mei 2021. Tapi Selebihnya ada juga yang datang yang 'ngeyel' mau ziarah," tuturnya saat ditemui CNNIndonesia.com, Kamis(13/5).


Meski begitu, ia mengatakan tetap memberi peziarah akses masuk ke TPU Jeruk Purut, namun hanya satu hingga dua orang saja per rombongan.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, gerbang utama TPU Jeruk Purut tidak sepenuhnya ditutup. Pintu penghalang masih terlihat terbuka.

Meski demikian, tidak terlihat banyak rombongan yang berkunjung untuk berziarah. Hanya ada beberapa kelompok peziarah yang terdiri 1-5 orang di TPU Jeruk Purut.

Disinggung gerbang yang masih terbuka di tengah pelarangan berziarah. Agus mengklaim penutupan menyeluruh tidak dapat dilakukan, karena jalan Jeruk purut merupakan penghubung antara Jalan Madrasah ke TB Simatupang.

"Kita enggak bisa tutup total, karena jalan ini juga jadi akses warga dari Jalan Madrasah ke TB Simatupang. Tapi tetap yang ingin lewat selalu kita buka tutup," pungkasnya.

"Poinnya kita tidak memperbolehkan (berziarah). Tapi karena istilahnya dia ingin banget ke makam, ketemu sama orang tuanya ya 1,2 sih ada cuman tetep estafet," tambahnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menginstruksikan penutupan seluruh TPU untuk keperluan ziarah kubur pada 12 hingga 16 Mei mendatang.

Hal itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan usai rapat koordinasi bersama para kepala daerah di wilayah penyangga Ibu Kota tersebut. Kemudian diperkuat dengan Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengendalian Aktivitas Masyarakat Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 pada Masa Libur Idulfitri 1442 H/2021 M.

"Kegiatan ziarah kubur ditiadakan mulai Rabu tanggal 12 Mei sampai dengan hari minggu 16 Mei, seluruh pemakaman di Jabodetabek akan ditutup dari pengunjung untuk ziarah, tetapi kegiatan untuk pemakaman sendiri berjalan di tempat-tempat pemakaman itu," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (10/5).

Anies mengatakan kebijakan menutup TPU pada tahun ini sejatinya sama dengan kebijakan yang diambil pihaknya pada lebaran tahun lalu.

(can/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER