Komandan KKB Lesmin Waker Disebut Tewas dalam Baku Tembak

CNN Indonesia | Kamis, 13/05/2021 21:18 WIB
Kasatgas Nemangkawi menyatakan komandan KKB yang tewas dalam baku tembak hari ini adalah salah satu penembak yang menewaskan personel Brimob Bharada Komang. Ilustrasi. Kasatgas Nemangkawi menyatakan komandan KKB yang tewas dalam baku tembak hari ini adalah salah satu penembak yang menewaskan personel Brimob Bharada Komang. (Istockphoto/ilbusca)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komandan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Pasukan Pintu Angin Lekagak Telenggen, Lesmin Waker, disebutkan tewas dalam baku tembak dengan aparat TNI-Polri, Kamis (13/5).

Diketahui, aparat memang tengah menggencarkan pengejaran terhadap kelompok KKB dalam beberapa waktu terakhir. Pemerintah Indonesia sendiri telah menyematkan status teroris bagi KKB. KKB adalah sebutan aparat Indonesia terhadap milisi Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Lesmin Waker adalah salah satu penembak alm Bharada Komang anggota Ops Nemangkawi," kata Kepala Satuan Tugas Nemangkawi Kombes Iqbal Alqudusy dalam keterangannya, Kamis (13/5).


Baku tembak antara aparat dan KKB pada hari ini, kata Iqbal, terjadi di sekitar Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kab Puncak, Papua. Lokasi itu sebelumnya diduga menjadi salah satu tempat persembunyian KKB Lekagak Talenggeng.

"Diduga sebagai salah satu tempat persembunyian kelompok teroris Lekagak Talenggeng," ucap Iqbal.

Iqbal menuturkan dalam operasi tersebut, aparat menyita sejumlah barang bukti yang ditemukan dalam sebuah honai diduga milik Lesmin Waker. Beberapa yang disita antara lain satu unit helm militer, dokumen, senjata tajam, panah, hingga ponsel.

Terkait peristiwa ini, CNNIndonesia.com telah berusaha menghubungi Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Sambom, namun belum mendapat responx.

Sebelumnya, Pangdam Cendrawasih Mayjen TNI Yogo Triyono membenarkan peristiwa kontak senjata antara aparat TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua pada hari ini, Kamis (13/5) sekitar pukul 07.30 WITA.

"Laporan yang saya dapat sampai saat ini 2 orang KSB [Kelompok separatis bersenjata] tewas dan masih diadakan pembersihan. Untuk senjata dan yang lain belum terkonfirmasi. Nanti kalau sudah ada info pasti, akan disampaikan," kata Yogo.

(dis/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK