Anies Larang Warga Non-KTP DKI ke Tempat Wisata di Jakarta

CNN Indonesia | Jumat, 14/05/2021 15:53 WIB
Gubernur DKI menyatakan tempat wisata dilarang bagi warga non-KTP DKI Jakarta hingga Minggu, 16 Mei 2021. Salah satu wahana di kawasan Ancol yang menjadi primadona wisata di wilayah DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Anies Baswedan melarang warga yang tidak mempunyai Kartu tanda penduduk (KTP) Jakarta memasuki tempat wisata yang ada di wilayah ibu kota RI itu hingga Minggu (16/5).

"Tempat wisata itu dibatasi jumlah pengunjung 30 persen dan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta sampai dengan tanggal 16 Mei (Minggu)," ujar Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (14/5) seperti dikutip dari Antara.

Ia pun mengatakan akan menegur pengelola tempat wisata yang kedapatan menerima pengunjung tidak ber-KTP Jakarta.


"Tidak boleh itu [menerima pengunjung tidak ber-KTP Jakarta], yang boleh masuk tempat wisata hanya yang ber-KTP Jakarta. Nanti saya tegur langsung. Sudah jelas, instruksinya begitu. Harus warga DKI," tutur Anies.

Ia menambahkan, tempat wisata baru dibolehkan lagi menerima pengunjung yang tidak memiliki KTP DKI Jakarta setelah 16 Mei 2021.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan, memang pengelola hanya mengizinkan pengunjung ber-KTP DKI saja, Jumat.

Sejak di pintu masuk, petugas keamanan terlebih dulu mengecek suhu wisatawan yang datang. Selanjutnya, para wisatawan wajib menunjukkan bukti pendaftaran online atau KTP DKI Jakarta.

"Yang bukan KTP DKI Jakarta enggak boleh masuk. Ada juga yang kita tolak," kata salah satu petugas di pintu masuk tersebut.

Wakil Humas Taman Margasatwa Ragunan Bambang Wahyudi mengonfirmasi mengenai kebijakan pengunjung harus ber-KTP DKI Jakarta tersebut.

"Pengunjung yang datang ke Ragunan adalah yang ber KTP DKI Jakarta," kata Bambang kepada awak media di taman Pelikan, Jumat pagi.

Pengelola Ragunan menyatakan telah mengumumkan syarat berwisata tersebut sejak enam hari lalu melalui akun Instagram resmi mereka. Pendaftaran bisa dilakukan melalui laman Pendaftaran Tiket Taman Margasatwa Ragunan.

Menurut Bambang, aturan tersebut berlaku selama masa libur lebaran hingga 30 Mei mendatang. Selain itu, taman margasatwa juga memberlakukan waktu operasional khusus yakni sejak pukul 07.00 WIB hingga 14.00 WIB.

"Saya informasikan juga, setiap hari Senin sebagai libur satwa, kita akan tutup," jelas Bambang.

Namun begitu dia menuturkan, pengelola belum menentukan syarat berwisata ke Ragunan setelah 30 Mei mendatang. Pihaknya akan meninjau terlebih dulu pelaksanaan kebijakan masa libur lebaran ini yang hanya mengizinkan wisatawan pemilik KTP DKI Jakarta.

(Antara/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK