Perahu Wisatawan Terbalik di Waduk Kedungombo, 9 Orang Hilang

CNN Indonesia | Sabtu, 15/05/2021 16:29 WIB
Perahu wisatawan terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Jawa tengah. Sebanyak 9 orang dinyatakan hilang, sementara 11 selamat. Ilustrasi. Perahu terbalik di Waduk Kedungombo, 9 orang dinyatakan hilang. (Foto: ANTARA/Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak sembilan orang masih dinyatakan hilang dalam kecelakaan perahu terbalik di tempat wisata Waduk Kedungombo, Kecamatan Kemusuk, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5) siang.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. Iskandar Fitriana Sutisna menuturkan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 12.00 WIB saat para wisatawan menaiki perahu di kawasan Waduk Kedungombo.

Kemudian, menurut Iskandar, perahu kehilangan keseimbangan karena para penumpang berkumpul di salah satu bagian saat tengah berswafoto.


"Sekitar pukul 12.15 WIB di lokasi Waduk Kedungombo di wilayah Kecamatan Kemusuk, Kabupaten Boyolali, diperkirakan jumlah korban 20 orang, dengan rincian 11 orang ditemukan selamat, sembilan orang masih dalam pencarian," kata Iskandar kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (15/5).

Iskandar menyebut bahwa petugas gabungan saat ini masih terus melakukan pencarian kepada para korban yang belum ditemukan.

Pencarian dilakukan oleh jajaran kepolisian, dari Polsek Kemusuk dan Polres Boyolali, dibantu Polairud, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Sementara, sebagian korban yang sudah ditemukan saat ini masih berada di lokasi dengan kondisi was-was karena keluarga mereka belum ditemukan.

"Yang sudah ditemukan masih di TKP karena mereka juga shock, dan masih menunggu keluarganya belum ketemu. Jadi masih di sekitar pantai," kata dia.

Iskandar memastikan bahwa kecelakaan tidak diakibatkan karena penumpang perahu melebihi kapasitas. Menurutnya, perahu tersebut tenggelam murni karena kehilangan keseimbangan saat para wisatawan itu berswafoto.

"Kalau kapasitas, kita tanyakan kepada mereka, sekitar 15 orang tidak terlalu. Hanya tadi mereka berfoto-foto selfie di atas perahu sehingga tidak seimbang menumpuk di satu sisi," katanya.

(thr/psp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK