Dipadati Pengunjung, Ancol-TMII-Ragunan Tutup Sampai 17 Mei

CNN Indonesia | Sabtu, 15/05/2021 17:54 WIB
Pemprov DKI memutuskan untuk menutup Ancol, TMII, dan Ragunan pada 16-17 Mei 2021 usai lonjakan pengunjung di masa libur Lebaran. DKI menutup tiga tempat wisata sampai 17 Mei imbas dipadati pengunjung. (Foto: CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk menutup sementara Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan, pada 16-17 Mei 2021. 

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya dalam sebuah surat edaran yang diberikan kepada pengelola tiga tempat wisata itu.

Dalam surat itu Gumilar menyampaikan, penutupan sementara diambil berdasarkan hasil evaluasi Pemprov DKI. Pasalnya, tiga tempat wisata tersebut mengalami peningkatan jumlah pengunjung selama libur lebaran 2021.


"Terhitung mulai tanggal 16 Mei 2021 sampai dengan tanggal 17 Mei 2021 agar melakukan penutupan sementara tempat usaha dalam rangka penguatan protokol kesehatan," demikian bunyi surat tersebut, sebagaimana dikutip Sabtu (15/5).

Gumilar menegaskan, Taman Impian Jaya Ancol, TMII, hingga Ragunan baru akan kembali dibuka pada Selasa, 18 Mei 2021.

Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo sebelumnya mengimbau pemerintah daerah menertibkan dan bahkan menutup kawasan wisata yang berpotensi menjadi pusat penularan pada periode libur lebaran kali ini.

Doni menegaskan pembukaan kawasan wisata pada libur Lebaran ini harus tetap mematuhi aturan PPKM mikro, salah satunya jumlah pengunjung hanya 50 persen kapasitas tempat wisata.

Kepala BNPB itu juga meminta pemerintah daerah memiliki inisiatif untuk mengawasi aktivitas di ruang publik, serta meminta masyarakat terus mematuhi protokol kesehatan.

(dmi/pris)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK