Becak Hendak Masuk Tol Surabaya-Gresik, Petugas Beri Edukasi

CNN Indonesia | Sabtu, 15/05/2021 18:49 WIB
Becak yang mengangkut dua orang dicegat di gerbang tol Surabaya - Gresik, Jawa Timur. Ilustrasi becak. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Surabaya, CNN Indonesia --

Sebuah becak yang diduga mengangkut dua orang pemudik tertangkap saat melintas di gerbang tol Surabaya - Gresik, Jawa Timur.

Aksi becak itu pun terekam dalam sebuah video yang beredar di media sosial. Mulanya tukang becak itu dengan santai melintas menuju pintu gerbang tol.

Namun saat tiba di gerbang tol, tampak petugas pun mengadang becak tersebut. Terdengar pula suara petugas itu tengah terheran-heran dengan ulah becak tersebut.


"Lha iyo, kok isok (Lha iya, kok bisa), ini masuk [kendaraan] golongan berapa, bang? Melebu golongan piro, telu yo (masuk golongan berapa? Tiga ya?)," ujar salah satu petugas dalam video itu.

Ketika dikonfirmasi, Humas PT Margabumi Matraraya (MBMR) Andjar Hari Sutoto membenarkan peristiwa tersebut. Andjar mengatakan pengayuh becak itu masuk dari jalur terbuka di kawasan jalur tol Surabaya-Gresik, Jumat (14/5).

"Iya benar, itu kejadiannya kemarin, Mas. Sudah ditindak, kami berikan arahan dan mencatat identitas yang bersangkutan," kata Andjar saat dikonfirmasi, Sabtu (15/5).

Ia menyebut bahwa pengayuh becak hendak melintas di pintu gerbang exit tol Tandes Timur 1, tepatnya di KM 2+900.

Saat itu, petugas tol langsung memberikan edukasi kepada tukang becak bila jalan tol bukanlah untuk kendaraan roda tiga atau dua.

"Kami ingin masyarakat untuk tak menirukan atau nekat memasuki tol dengan alasan apapun. Selain melanggar regulasi yang ada, pengendara roda 2 atau 3 juga justru membahayakan keselamatan dirinya sendiri," ucap dia

Andjar mengatakan tak ada sanksi khusus kepada pengayuh becak itu. Pihaknya hanya memberikan teguran dan pencatatan identitas. Mengingat, tak ada pelanggaran pidana dalam peristiwa itu.

"Kami catat identitasnya. Kami tegur dan edukasi. Karena tidak ada kewenangan untuk memberi sanksi," ucapnya.

(frd/arh)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK