Sejumlah Wilayah Aceh Masih Terendam Banjir

eks, CNN Indonesia | Senin, 17/05/2021 01:18 WIB
Banjir masih menggenangi sejumlah wilayah di Aceh hingga Minggu malam. Banjir masih menggenangi sejumlah wilayah di Aceh hingga Minggu malam. (dok. Antara)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah wilayah di Aceh terendam banjir Minggu (16/5). Sebagian wilayah sudah terendam banjir sejak Sabtu, sementara beberapa desa diterjang banjir pada Minggu. 

Sebanyak enam desa di Kecamatan Deleng Pokhkison, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh pada Minggu diterjang banjir bandang setelah dilanda hujan lebat.

"Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini," kata Petugas Pusat Pengendalian Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Haslina Juwita, Minggu malam, seperti dikutip Antara.


Ada pun enam desa yang terendam banjir di Kecamatan Deleng Pokhkison, Kabupaten Aceh Tenggara tersebut, kata dia, masing-masing Desa Lawe Harum,
Desa Salang Baru, Desa Gusung Batu.Kemudian Desa Tualang Lama, Desa Penampakan, serta Desa Kaya Pangur Aceh Tenggara.

Haslinda Juwita juga menambahkan, akibat dari musibah tersebut menyebabkan sebanyak 148 kepala keluarga (KK) atau 474 jiwa warga di daerah ini ikut terdampak.

Nagan Raya masih banjir

Sementara itu, ratusan unit rumah yang tersebar di enam desa di Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh masih terendam banjir hingga Minggu(16/5) malam.

Benjir merendam rumah warga dengan hingga 30 hingga 50 sentimeter akibat tingginya curah hujan di daerah tersebut.

"Musibah banjir ini terjadi akibat meluapnya aliran Sungai Lamie Nagan Raya," kata Petugas Pusat Pengendalian Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Haslina Juwita, Minggu malam.

Keenam desa yang terdampak banjir luapan Desa Panton Pange, Ujong Krueng, Neubok Yee PP, Lueng Keubeu Jagat, Neubok Yee PK, serta Mon Dua Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya.

Haslinda Juwita menegaskan, meski sudah direndam banjir, namun masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kabupaten Nagan Raya hingga Minggu malam belum mengungsi.

"Masyarakat masih bertahan di rumah masing-masing, sambil menunggu surutnya air," katanya menambahkan.

Ia juga menegaskan, petugas BPBD Kabupaten Nagan Raya terus melakukan pemantauan ke lokasi banjir, dan berkoordinasi dengan intansi terkait guna melakukan langkah dan penanganan selanjutnya.

Petugas juga masih terus melakukan pendataan guna memastikan korban terdampak banjir di daerah ini.

"Hingga Minggu malam, genangan air juga sudah mulai surut," tuturnya.

Aceh Barat sempat banjir

Banjit juga sempat melanda permukiman warga di 17 desa di Kecamatan Woyla Barat dan Woyla Timur, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Sabtu (15/5). Akibatnya, rumah warga tergenang setinggi 30 centimeter hingga 1,3 meter.

"Banjir ini terjadi akibat meluapnya air sungai setelah diguyur hujan lebat sejak dua hari terakhir," kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat Mashuri pada Sabtu malam di Meulaboh.

Menurut data BPBD, banjir meliputi wilayah Desa Napai, Alue Leuhop, Blang Luah, Cot Rambong, Pasi Malee, Lhok Malee, Blang Cot Mameh, Lubok Pasi Ara, Peuleukung, Kulam Kaju, Cot Lagan LM, Blang Cot Rubek, serta Ulee Pasi Ara di Kecamatan Woyla Barat.

Selain itu, banjir melanda Desa Alue Kuyun, Alue Seuralen, Rambong Pinto, dan Blang Luah di Kecamatan Woyla Timur.

(eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK