124 Orang Positif Covid-19 dari Klaster Sangon Kulon Progo

CNN Indonesia | Senin, 17/05/2021 09:36 WIB
Gugus Tugas Kulon Progo mencatat ada 124 kasus positif covid yang ditemukan dari klaster Sangon yang berawal dari ibadah di musala. Ilustrasi. 124 orang positif covid-19 dari klaster Sangon Kulon Progo. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kulon Progo mencatat 124 orang dari Desa Hargomulyo dan Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, dinyatakan positif covid-19 yang berasal dari klaster Sangon.

"Dari total 124 kasus, isolasi di rumah sakit tiga orang dan 121 menjalani isolasi mandiri," kata juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kulon Progo Baning Rahayujati dilansir dari Antara, Senin (17/5).

Adapun, total 124 kasus dari klaster Sangon ini terdiri dari Desa Kalirejo 60 kasus, Kadigunung Desa Hargomulyo 60 kasus, Tapen Desa Hargomulyo dua kasus, dan Tlogolelo Desa Hargomulyo dua kasus.


Lebih lanjut, Baning mengimbau masyarakat melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat, menggunakan masker dengan benar, selalu menjaga jarak satu sama lain dan sesering mungkin cuci tangan.

Awal klaster tersebut diketahui terjadi pada 30 April lalu usai sebagian warga mengeluhkan gejala covid-19 setelah menghadiri sebuah kegiatan di salah satu musala.

Dari penelusuran gugus tugas di wilayah setempat, Baning menyatakan Klaster Sangon tidak hanya ditemukan pada jemaah yang ikut kegiatan ibadah, namun telah menyebar ke masyarakat sekitar.

Sebagai tindak lanjut, Gugus Tugas Covid-19 memperketat akses masyarakat dan menutup tempat ibadah di dua desa tersebut.

"Untuk mencegah penyebaran covid-19 di Kecamatan Kokap, khususnya di Desa Kalirejo dan Hargomulyo, kami melakukan pembatasan ketat terhadap keluar masuk di wilayah tersebut, menutup tempat ibadah dan memberikan bahan kebutuhan pokok selama adanya penutupan ini," tuturnya.

Jumlah kasus positif covid-19 di Kabupaten Kulon Progo mencapai 5.540 hingga Minggu (16/5). Dari jumlah itu, 531 sembuh dan 103 meninggal dunia.

Kecamatan Kokap masih memecahkan rekor penambahan harian covid-19 karena ada klaster Sangon. Terdapat tambahan 28 kasus baru dengan mayoritas kasus dari klaster Sangon sebanyak 17 kasus.

(Antara/psp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK