Swab Test Acak di Tangerang, 2 Penumpang Bus Reaktif Covid-19

CNN Indonesia | Senin, 17/05/2021 20:44 WIB
Dua penumpang bus umum bernomor polisi A 7948 PC dinyatakan reaktif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil swab antigen yang dilakukan oleh pihak kepolisian. Sejumlah calon penumpang menunggu bus di terminal bayangan Pondok Pinang, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (5/5/2021). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua penumpang bus umum bernomor polisi A 7948 PC dinyatakan reaktif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil swab antigen yang dilakukan oleh pihak kepolisian.

Pemeriksaan itu dilakukan di Pospam Ketupat Jaya Jatiuwung, Tangerang, Banten pada Senin (17/5) sekitar pukul 15.30 WIB.

"Telah didapati dua orang warga positif Covid-19 setelah dilakukan tes swab antigen secara sampling pada saat melintas dari Rangkasbitung mengarah Kota Tangerang di Pospam Ketupat Jaya Jatake Polsek Jatiuwung," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangannya, Senin (17/5).


Yusri menyampaikan bus umum tersebut membawa 13 penumpang. Untuk sebelas penumpang lain, berdasarkan hasil swab antigen dinyatakan negatif.

Yusri menuturkan kedua penumpang yang dinyatakan reaktif Covid-19 itu merupakan warga Lebak, Banten.

Yusri mengatakan Kapolres Metro Tangerang Kota dan Kapolres Lebak telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat terkait proses penanganan selanjutnya.

"Bahwa untuk kedua orang penumpang yang positif Covid-19 akan diarahkan untuk pemeriksaan swab PCR di RS Husada Rangkasbitung," tutur Yusri.

Sementara itu, berdasarkan data Ditlantas Polda Metro Jaya, ada sebanyak 784 kendaraan dan 667 orang yang dilakukan pemeriksaan swab antigen di pos pemeriksaan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) KM 34B.

Data tersebut berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan oleh aparat kepolisian pada Senin (17/5) pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

"Hasil semuanya nonreaktif," ucap Yusri.

Diketahui, untuk wilayah Jakarta sendiri ada 14 pos pemeriksaan yang disiapkan untuk memeriksa para pemudik yang kembali ke ibu kota.

Pos pemeriksaan ini sebelumnya berjumlah 12 lokasi, namun ditambah dua titik untuk memastikan seluruh pemudik yang kembali ke Jakarta tak ada yang lolos dari proses pemeriksaan.

"Ada tambahan di Terminal Kampung Rambutan dan Tanjung Priok, kita evaluasi dari tahun kemarin setiap arus mudik terjadi peningkatan kasus," ujar Yusri.

(dis/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK