Sleman-Salatiga Masuk Zona Merah di Jawa, Sumatera Terbanyak

CNN Indonesia | Selasa, 18/05/2021 17:02 WIB
Satgas Covid mencatat 7 wilayah masuk zona merah covid-19 di antaranya terbanyak di Sumatera dan di Jawa tersisa Sleman dan Salatiga. Ilustrasi. Zona merah di Jawa tersisa Sleman dan Salatiga. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalismaa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat perkembangan wilayah dengan risiko penularan tinggi atau zona merah di Pulau Jawa hanya tersisa di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta dan Kota Salatiga, Jawa Tengah dalam sepekan terakhir.

Berdasarkan data perkembangan terakhir Satgas Covid-19 per 16 Mei 2021, terdapat total 7 kabupaten/kota yang masuk zona merah. Jumlah daerah yang masuk zona merah pada pekan ini berkurang dibanding data pekan lalu yang mencatat 12 wilayah zona merah.

Adapun 7 kabupaten/kota yang tercatat masuk zona merah sepekan terakhir yakni; Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta dan Kota Salatiga, Jawa Tengah.


Kemudian empat lainnya berasal dari pulau Sumatera. Dua di antaranya dari Sumatera Barat yakni Kota Bukittingi dan Kabupaten Solok. Lalu sisanya Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara; Kota Palembang, Sumatera Selatan; dan Kota pekanbaru, Riau.

Penurunan zonasi juga terjadi di zona oranye atau wilayah dengan risiko sedang penularan Covid-19. Dari pekan lalu tercatat sebanyak 324 wilayah zona oranye, sementara pekan ini berkurang menjadi 321 kabupaten/kota zona oranye.

Tercatat, lima kota administrasi di DKI Jakarta tergabung dalam zona oranye ini antara lain Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara.

Sedangkan untuk zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan Covid-19 tercatat sebanyak 177 wilayah. Jumlah itu mengalami kenaikan dari pekan lalu yang hanya mencatat 169 kabupaten/kota masuk dalam zona kuning.

Sementara itu, delapan kabupaten/kota masuk dalam kategori zona hijau atau tidak ada kasus. Mereka yakni tiga daerah dari Sumatera Utara yakni kabupaten Nias Barat, Nias Selatan dan Nias Utara. Dua lainnya berasal dari Papua, yakni Kabupaten Yahukimo dan Kabupaten Mamberamo Raya.

Sedangkan tiga daerah lagi adalah Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara dan Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, serta Kabupaten Pegunungan Arfak di Papua Barat. Satgas Covid-19 juga mencatat satu wilayah yang tidak terdampak virus corona hingga saat ini adalah kabupaten Dogiyai di Papua.

Adapun data terakhir yang dirilis Satuan Tugas Penanganan Covid-19 terakhir per Senin (17/5) mencatat terdapat penambahan kasus covid-19 baru sebanyak 4.295 orang per hari. Sementara untuk kasus sembuh terdapat penambahan sebanyak 5.754 kasus, dan kasus meninggal 212 kasus baru.

Sehingga secara kumulatif sebanyak 1.744.045 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Dari jumlah itu sebanyak 1.606.611 orang dinyatakan pulih, 89.129 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, sementara 48.305 lainnya meninggal dunia.

(khr/pris)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK