Syarat Daftar Komcad: Usia 18-35 Tahun, Nircatatan Kriminal

CNN Indonesia | Rabu, 26/05/2021 09:44 WIB
Selain bisa mendaftar lewat situs Kemenhan, calon Komcad juga bisa mendaftar di empat Kodam: Kodam Jaya, Siliwangi, Diponegoro, dan Brawijaya. Ilustrasi pendidikan bagi Komponen Cadangan. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) telah memastikan program Komponen Cadangan (Komcad) yang digaungkan sejak 2020 lalu akan mulai dibuka. Pendaftaran untuk mengikuti program ini pun dipastikan akan dibuka pada 2-7 Juni mendatang.

Tak ada syarat khusus yang diberikan Kementerian yang kini dipimpin Prabowo Subianto itu untuk masyarakat yang ingin bergabung menjadi Komcad tersebut.

Mengutip dari situs resmi komcad.kemhan.go.id. masyarakat yang ingin bergabung dalam pelatihan Komcad hanya dituntut beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan setia pada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.


Meski begitu, Kemhan juga membatasi usia masyarakat yang boleh mendaftar dalam pelatihan ini, yakni batas usia paling muda 18 tahun sementara paling tua maksimal 35 tahun.

Warga negara Indonesia (WNI) yang ingin mendaftar dan mengikuti pelatihan juga harus sehat secara jasmani dan rohani, tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh kepolisian setempat.

Jika syarat-syarat tersebut bisa dipenuhi, warga yang memang berminat bisa langsung mengikuti rangkaian prosedur pendaftaran yang tercantum di situs resmi milik Kemenhan di atas.

Salah satunya berkaitan dengan pengisian berkas administrasi dan seleksi kompetensi hingga dinyatakan lolos dan berhak menjalani pelatihan selama tiga bulan.

Meskipun demikian, pemerintah pun mengizinkan warga yang ingin mendaftar secara fisik untuk datang ke instansi komando daerah militer (Kodam). Sejauh ini ada empat Kodam yang menerima pendaftaran langsung bagi calon Komcad.

Empat komando daerah militer itu adalah Kodam Jaya/Jayakarta (Jakarta), Kodam II/Siliwangi (Bandung), Kodam IV/Diponegoro (Semarang), dan Kodam V/Brawijaya (Surabaya).

Lebih lanjut, Kemhan juga memberikan beberapa fasilitas berkaitan dengan peserta yang lolos dan tengah mengikuti pelatihan dasar di markas-markas yang telah ditentukan.

Anggota Komcad yang lolos seleksi selama masa pelatihan berhak atas uang saku, perlengkapan perseorangan lapangan, rawatan kesehatan, serta perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Meski begitu, pada gelombang pertama rekrutan Komcad ini, Kemenhan hanya akan melatih sebanyak 2.500 peserta.

Infografis Komcad, Pasukan Bela Negara Baru Indonesia
(tst/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK