Survei Capres ASI: Prabowo Tertinggi, Puan Urutan Kesepuluh

CNN Indonesia | Selasa, 08/06/2021 19:07 WIB
Arus Survei Indonesia (ASI) menyatakan Prabowo Subianto punya elektabilitas tertinggi, sementara Puan Maharani di urutan kesepuluh. Prabowo Subianto dan Puan Maharani sama-sama masuk dalam 10 besar tokoh yang memiliki elektabilitas untuk ikut dalam Pilpres 2024 (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil survei Arus Survei Indonesia (ASI) menunjukkan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi dalam bursa calon presiden (capres) 2024.

Dalam survei tersebut, 12,5 persen responden menyebut nama Prabowo. Di bawahnya, terdapat nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sementara itu, Ketua DPR yang merupakan kader PDIP Puan Maharani berada di urutan 10 dengan elektabilitas 2,3 persen.


"Prabowo Subianto 12,5 persen, Ganjar 11,3 persen, dan Anies 9,3 persen," demikian hasil survei yang dipaparkan Direktur Eksekutif ASI Ali Ri'fan, dalam konferensi yang berlangsung secara daring pada Selasa (8/6).

Terkait elektabilitas partai politik (parpol), menurut Ali, hanya tujuh parpol yang diprediksi melewati ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar 4 persen.

Dia menyatakan PDIP masih menjadi parpol dengan elektabilitas tertinggi yakni 19,6 persen. Diikuti Gerindra 14,9 persen, Golkar 10,4 persen, PKB 9,7 persen, Demokrat 7,9 persen, NasDem 6,7 persen, PKS 5,2 persen,

Sementara itu, dua parpol di Senayan saat ini yang mendapatkan elektabilitas di bawah 4 persen ialah PAN 3,1 persen dan PPP 3,1 persen.

Ali menuturkan survei dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dan dilakukan secara nasional di 34 provinsi dengan jumlah 1.000 responden.

Survei dilakukan sepanjang 1-7 Mei 2021 dengan cara telesurvei, yakni responden diwawancara melalui kontak telepon menggunakan kuesioner. Margin of error dalam survei pihaknya ini kurang lebih 3,10 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

(mts/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK