Gudang Plastik Kalideres Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp3 M

CNN Indonesia | Rabu, 09/06/2021 12:43 WIB
Kerugian akibat kebakaran gudang biji plastik, di Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (8/6), diduga mencapai Rp3 miliar. Ilustrasi pemadaman kebakaran. (Foto: Istockphoto/Anusak Rojpeetipongsakorn)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kebakaran di sebuah gudang biji plastik, di Jalan Kamal Raya, Kalideres, Jakarta Barat pada Selasa (8/6), ditaksir memicu kerugian Rp3 miliar meski tanpa korban jiwa.

Humas Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta Mulat Wijayanto peristiwa tersebut dilaporkan sekitar pukul 22.57 WIB.

"Objek kejadian gudang biji plastik," kata Mulat dalam keterangannya, Rabu (9/6).


Menurutnya, sebanyak 16 unit mobil pemadam kebakaran dan 70 personel dikerahkan untuk menjinakan si jago merah. Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 03.43 WIB. Mulat menyebut tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Mulat menuturkan kebakaran itu diduga disebabkan oleh ledakan panel listrik di gudang biji plastik tersebut.

"Diduga panel listrik meledak kemudian mengenai biji plastik," ucap Mulat.

Lebih lanjut, Mulat menyebut peristiwa kebakaran ini menyebabkan kerugian materi yang ditaksir mencapai miliaran rupiah.

"Taksiran kerugian Rp3 miliar," ujarnya.

Terpisah, kebakaran juga sempat melanda Pasaran Sentral Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Selasa (8/6), dan mengakibatkan lima puluh lima kios hangus terbakar. Kerugian material ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Kobaran api disebut bermula dari salah satu kios pedagang favor atau rokok elektrik milik H Tajuk. Api kemudian dengan cepat menjalar ke kios pedagang lainnya seperti pedagang arloji dan pakaian, lantaran hanya terbuat dari bahan kayu.

Infografis cara-cara menyelamatkan diri saat kebakaranInfografis cara-cara menyelamatkan diri saat kebakaran. (Foto: CNN Indonesia/Fajrian0

Warga dan pedagang yang berada di lokasi kejadian langsung panik melihat api dengan cepat membesar dan menjalar hingga mereka berusaha memadamkan api dengan alat seadanya serta mengevakuasi barang dagangannya.

"Ada tujuh unit armada damkar yang dikerahkan untuk memadamkan api di Pasar Sentral Pangkep," kata Kapolres Pangkep AKBP Endon Nurcahyo.

Akibat kejadian kebakaran ini kata Kapolres Pangkep menyebabkan sebanyak 55 kios pedagang hangus terbakar.

"55 kios hangus terbakar, namun untuk saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan," bebernya.

Kendati demikian, Endon menyebut kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, untuk kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

"Peristiwa kebakaran ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian materil ditaksir sekitar Rp1 miliar," jelasnya.

(dis/mir/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK