Klaster Covid Gandasari Tangerang Bertambah Jadi 47 Kasus

CNN Indonesia | Rabu, 09/06/2021 14:38 WIB
Klaster covid-19 Gandasari, Tangerang bertambah dari semula 33 kasus menjadi 47 kasus. Sebagian warga menjalani isolasi mandiri. Klaster Gandasari bertambah jadi 47 kasus. (Foto: CNN Indonesia / Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Tangerang mencatat penambahan jumlah kasus positif pada klaster Covid-19 yang terjadi di Kelurahan Gandasari, Jatiuwung, Kota Tangerang.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Buceu Gartina menyebut saat ini jumlah kasus positif di wilayah itu menjadi 47 dari semula 33 kasus positif. Jumlah itu didapat dari tes dan penelusuran yang dilakukan Satgas.

Selain di Gandasari, klaster penyebaran juga ditemukan di Kelurahan Grendeng, Karawaci yang jumlahnya saat ini mencapai 30 kasus positif.


"Ketika mendapatkan yang positif maka dinkes melakukan tracing sampai dengan saat ini di Gandasari ada 47 dan 30 di Karawaci," kata Buceu kepada CNNIndonesia.com, Rabu (9/6).

Dari jumlah tersebut, dia mengatakan, sebagian menjalani isolasi terpusat, sedangkan sebagian yang lain melakukan isolasi mandiri di kediaman masing-masing. Namun, Buceu mengaku tak mendapat angka pasti terkait hal itu.

Saat ini, katanya, tim satgas telah menerapkan mikro lockdown di dua wilayah tersebut untuk menekan mobilitas warga dan mencegah penularan semakin meluas.

"Sementara Satgas Covid kecamatan-kelurahan beserta Satgas Covid RT/RW melakukan pembatasan guna antisipasi penyebaran di lokasi tersebut," katanya.

Selain itu, dia menambahkan, Tim Satgas saat ini juga masih terus menelusuri dan testing kepada warga sekitar. Hal itu dilakukan guna memutus rantai penyebaran dari dua klaster tersebut.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo sebelumnya menyebut bahwa klaster penyebaran Covid-19 Gandasari merupakan klaster pabrik dari dua warga pekerja di pabrik yang semula dinyatakan positif.

Dua orang itu tetap dilaporkan tetap beraktivitas di luar pabrik dan di lingkungan rumahnya. Alhasil, terjadi penularan ke warga sekitar.

(thr/psp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK