Kantor Desa Bitung Jaya di Cikupa Tangerang Hangus Terbakar

CNN Indonesia | Kamis, 10/06/2021 00:29 WIB
Sejumlah arsip penting dan fasilitas Kantor Desa Bitung Jaya, Cikupa, Kabupaten Tangerang hangus dilalap api pada Rabu (9/6). Foto ilustrasi kebakaran. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kantor Desa Bitung Jaya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, terbakar pada Rabu (9/6) pukul 21.30 WIB. Sejumlah arsip penting dan fasilitas kantor pun hangus dilalap api.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Kosrudin mengatakan kebakaran terjadi saat kantor desa dalam keadaan sepi. Kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa.

"Dari laporan yang diterima sekitar pukul 21.30 WIB, bahwa kebakaran Kantor Desa Bitung Jaya, Cikupa itu menghanguskan semua fasilitas di dalamnya," katanya dikutip Antara.


Selain menghanguskan seluruh ruangan kantor desa, katanya, sejumlah perabotan di dalam ikut hangus terbakar di antaranya lemari, meja, kursi, dokumen-dokumen, dan arsip penting lainnya.

Menurutnya, bangunan dan fasilitas kantor desa banyak terbuat dari kayu sehingga api cepat menjalar ke seluruh ruangan.

"Bangunan banyak kayu maka api dengan cepat menjalar ke seluruh bangunan. Padahal jarak markas pemadam kebakaran dengan lokasi cukup dekat tetapi kita tidak bisa cepat memadamkan api," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini belum diketahui pasti penyebab terjadinya kebakaran kantor desa.

"Dugaan sementara karena korsleting listrik, tapi itu belum pasti. Petugas di lapangan masih menyelidiki," ujarnya.

Mobil pemadam kebakaran dari BPBD Kabupaten Tangerang yang diterjunkan sebanyak 5 unit yang terdiri atas Damkar Pos Paskar Kemis, Damkar Pos Mako Curug, dan Pos Damkar Kelapa Dua. Pihaknya juga menerjunkan 25 orang personel damkar.

Menurut informasi di lapangan, kata dia, kobaran api yang menghanguskan seluruh bangunan Kantor Desa Bitung Jaya tersebut saat ini sudah dapat dikendalikan dan dipadamkan.

"Personel di lapangan sudah dapat memadamkan api, dan sudah melakukan proses sterilisasi dengan pendinginan area," kata dia.

(Antara/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK