Cara Cek Pengumuman SBMPTN 2021

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 13/06/2021 09:55 WIB
Berikut cara cek pengumuman SBMPTN 2021 yang hanya bisa diakses oleh peserta secara pribadi. (Ilustrasi Foto: Dok. Humas UI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bakal mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 pada Senin (14/6) pukul 15.00 WIB.

Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo mengatakan cara cek pengumuman SBMPTN 2021 bisa melalui situs LTMPT dan beberapa laman mirror PTN.

"[Hasil seleksi SBMPTN dapat diakses pada] mirroring 28 web PTN," ujar Budi kepada CNNIndonesia.com, Rabu (9/6).


Situs alternatif atau laman mirror berguna untuk membantu mengumumkan hasil SBMPTN apabila situs utamanya mengalami down ketika banyak diakses.

Anda tidak perlu khawatir karena laman mirror ini sudah dipersiapkan khusus oleh pihak LTMPT yang pastinya aman dan hasil SBMPTN yang ditampilkan akan tetap sama.

Pihak penyelenggara LTMPT turut menjelaskan bahwa hasil pengumuman SBMPTN dalam situs tersebut hanya bisa diakses oleh peserta secara pribadi.

Hal yang perlu disiapkan peserta untuk melihat hasilnya mencakup nomor peserta dan data-data pendukung lainnya, di antaranya:

  • Nomor Pendaftaran
  • Tanggal Lahir
  • NISN
  • NPSN

Berikut cara cek pengumuman SBMPTN 2021 berdasarkan laman resmi LTMPT:

  1. Masuk ke laman LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id/login. Portal tersebut adalah link pengumuman SBMPTN 2021 yang resmi.
  2. Login dengan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  3. Pengumuman SBMPTN 2021 nantinya akan muncul dengan keterangan lolos atau tidak lolos.

Untuk tahun ini hasil seleksi SBMPTN tidak dapat diakses secara publik, melainkan bersifat pribadi dan individual.

Pada 14 Juni mendatang, para peserta SBMPTN tidak hanya mendapatkan hasil UTBK (Ujian Tes Berbasis Komputer) melainkan akan memperoleh sertifikat hasil UTBK.

Nantinya, sertifikat tersebut berguna untuk mendaftar ke perguruan tinggi lain seperti jalur mandiri atau pendidikan kedinasan yang mensyaratkan.

Sedangkan SBMPTN sendiri merupakan salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ditetapkan oleh pemerintah.

Selain lewat jalur SBMPTN, calon mahasiswa masih memiliki kesempatan masuk PTN melalui jalur mandiri yang digelar oleh masing-masing kampus tujuannya.

Usai mengetahui cara cek pengumuman SBMPTN 2021 di atas, pastikan pula kesiapan laptop dan koneksi internet yang stabil agar pengecekan hasil seleksi Anda berjalan lancar.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK