Polisi Minta McDonald's Hilangkan Dulu BTS Meal di Aplikasi

CNN Indonesia | Kamis, 10/06/2021 15:19 WIB
Polda Metro Jaya mengusulkan penghentian sementara program BTS Meal oleh McDonald's di aplikasi untuk mencegah terulangnya kerumunan. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polda Metro Jaya meminta pihak McDonald's untuk menghilangkan paket BTS meal untuk sementara demi mencegah kerumunan massa.

Pada Rabu (9/6), kerumunan massa dipicu antrean ojek online alias ojol membeli promo BTS meal terjadi di sejumlah gerai McDonald's.

"Kami mengusulkan kemarin supaya aplikasi yang Meal BTS itu dihilangkan dulu. Jangan sampai terjadi kerumunan seperti ini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di kantornya, Kamis (10/6).


Ia menuturkan pihak pengelola McDonald's telah menyampaikan akan memperbaiki sistem untuk mencegah kerumunan.

"Mereka akan memperbaiki sistemnya jangan sampai terjadi kerumunan. Itu pengakuan dari hasil klarifikasi yang sudah dilakukan kepada para manajemen gerai-gerai McDonald's yang ada, mereka akan memperbaiki sistem itu," tuturnya.

Pihaknya juga belum masuk ke ranah pidana terkait kasus ini dan masih mengedepankan upaya preventif.

"Kita klarifikasi dulu, preventif dulu, nanti kita sambil lihat hasilnya," kata Yusri.

Polisi pun telah memanggil beberapa pengelola gerai McDonald's untuk diklarifikasi terkait kerumunan massa imbas promo BTS meal. Klarifikasi ini dilakukan oleh jajaran Polsek dan Polres di masing-masing wilayah.

Dalam proses klarifikasi itu, pihak pengelola menyampaikan permintaan maafnya terkait kerumunan yang ditimbulkan akibat promo BTS meal.

"Hasilnya ada beberapa gerai juga secara manajemennya minta maaf atas kejadian tersebut dan akan memperbaiki aplikasi bagaimana menghindari kerumunan seperti yang terjadi kemarin ini," ucap Yusri.

Imbas kerumunan pesanan BTS Meal McD di Jakarta berbuntut sanksi ke puluhan gerai. Total ada 32 gerai McD di Ibu Kota yang kena sanksi berupa penutupan sementara.

(dis/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK