Istana Bantah Kerumunan Tanjung Priok: Tinjauan Jokowi Tertib

CNN Indonesia | Kamis, 10/06/2021 19:13 WIB
Pihak Istana membantah ada kerumunan Jokowi di Tanjung Priok saat sang presiden melakukan peninjauan vaksinasi dan pembagian sepeda. Presiden RI Joko Widodo saat meninjau vaksinasi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, 10 Juni 2021. (Dok. Biro Pers/Muchlis)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pihak Istana Kepresidenan RI membantah kabar peninjauan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, menimbulkan kerumunan hingga mengabaikan protokol kesehatan.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengklaim tidak ada kerumunan dalam acara itu. Dia menyebut acara tersebut pun berlangsung dengan tertib.

"Tinjauan vaksinasi Presiden Jokowi dilakukan dengan tertib," kata Heru kepada wartawan, Kamis (10/6).


Heru juga membantah kabar warga berkerumun saat Jokowi membagikan sepeda. Menurutnya, acara di Tanjung Priok itu juga berjalan tertib protokol kesehatan.

"Begitu juga saat pembagian sepeda, dilakukan dengan tertib," ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi melakukan peninjauan vaksinasi Covid-19 di tiga lokasi di DKI Jakarta. Pada pagi hari, ia meninjau penyuntikan vaksin terhadap 1.000 orang di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Peninjauan dilanjutkan ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Di sana, Jokowi memantau vaksinasi terhadap 1.500 orang. Kemudian, Kamis siang, ia melanjutkan meninjau vaksinasi di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, yang melibatkan 1.000 orang menerima vaksin.

Kabar miring beredar di media sosial usai Jokowi menyambangi Tanjung Priok. Viral di media sosial foto-foto yang menunjukkan kerumunan Jokowi di Tanjung Priok. Salah satunya, akun @kurawa yang menggungah foto dan video kerumunan tersebut di lini masa Twitternya.

Dia, yang mengimbau agar tak ada lagi seremoni vaksinasi itu menyebut kerumunan terjadi saat Jokowi memantau vaksinasi dan membagikan sepeda ke warga.

(dhf/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK