Isak Ibas untuk Ani dan SBY Begitu Jadi Doktor IPB

CNN Indonesia | Jumat, 11/06/2021 02:24 WIB
Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas tak kuasa menahan isak saat memberikan sambutan usai menjalani sidang promosi doktoralnya. Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas saat menjalani sidang virtual promosi doktoral (S3) di program studi Manajemen Bisnis IPB, Kamis (10/6). (Foto: Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas tak kuasa menahan isak saat memberikan sambutan usai menjalani sidang promosi doktoralnya. Suara Ibas berkali-kali terbata-bata, terhenti, saat mengucapkan terima kasih terutama kepada kedua orang tuanya.

Sambutan itu ia sampaikan secara daring usai sekitar dua jam dirinya menjalani sidang promosi doktoral (S3) di Institut Pertanian Bogor (IPB), yang disiarkan langsung lewat akun YouTube Edhi Baskoro Yudhoyono-IBAS, Kamis (10/6).

"Secara khusus saya juga mengucapkan terima kasih dan doa tak terhingga kepada mentor saya, orang tua saya," kata Ibas.


"Memo, I wish you are here look at me now. Can you see I am a doctor, doctor Edhy, Memo," ucap Ibas dengan terbata-bata.

Memo merujuk pada mendiang ibu Ibas, Kristiani Herawati alias Ani, atau istri Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sedangkan kepada SBY, ayahnya, Ibas memanggil Pepo.

Ibas mengaku mengenang peristiwa saat Ani menulis di sebuah buku catatan, dan mengucapkan terima kasih kepada dirinya. Kala itu, menurut Ibas, ucapan Ani disampaikan lewat buku catatan itu atas pujian terhadap hasil foto-foto ibunya.

"Tahukah Memo, itu semua tidak seberapa dari restu kasih sayang dan dukungan yang telah memo berikan kepada ku selama ini. Do support and love," kata Ibas.

Ibas menjalani sidang promosi doktoral di program studi Manajemen Bisnis IPB. Ia mempresentasikan disertasi berjudul "Strategi Pembiayaan dan Investasi untuk Pengembangan Pariwisata Terpadu di Kawasan Pariwisata Labuan Bajo".

Sidang virtual terbuka itu turut dihadiri SBY dan Ketua Umum Partai Demokrat, sekaligus kakaknya, Agus Harimurti Yudhoyono yang juga hadir secara virtual. Sementara itu, sejumlah kader menggelar nonton bareng (nobar) di sekretariat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Menteng, Jakarta.

Disertasi Bahas UMKM

Ibas dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude atau nilai sempurna dengan nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) 4.0, setelah lebih dari dua jam menjalani sidang promosi terbuka secara virtual di akun YouTube pribadinya.

"Terima kasih dan penghargaan kepada Rektor, Dekan, Kapro manajemen & Bisnis dan para dosen, atas segala kesempatan kepada saya untuk melanjutkan dan menyelesaikan studi S3," kata dia saat memberi sambutan usai dinyatakan lulus.

Ibas mengangkat tema soal Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam disertasinya. Menurutnya, hingga saat ini belum ada studi yang secara khusus mengkaji strategi pembiayaan dan investasi untuk pengembangan pariwisata terpadu dan inklusif.

Anggota Badan Anggaran DPR itu mengaku mewawancarai sedikitnya 221 pelaku UMKM dan melibatkan 12 ahli dalam memperoleh data untuk disertasinya.

"Kawasan pariwisata Labuan Bajo yang inklusif dapat dicapai melalui peningkatan investasi, tidak hanya mengandalkan pembiayaan pemerintah melalui APBN dan APBD," katanya.

(thr/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK