Biaya Hotel Disetop, Graha Wisma Ragunan Mulai Ditempati OTG

CNN Indonesia | Jumat, 11/06/2021 18:55 WIB
Graha Wisata Ragunan, Jaksel, mulai terisi para OTG Covid-19 yang menjalani program isolasi setelah biaya hotel dihentikan BNPB. Graha Wisata Ragunan yang berada di, Pasar Minggu, Jakarta Selatan mulai terisi pasien isolasi mandiri Covid-19 dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). (CNN Indonesia/Yogi Anugrah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Graha Wisata Ragunan, Jakarta Selatan, mulai terisi pasien isolasi mandiri Covid-19 dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Tempat tersebut memang disiapkan sebagai tempat menginap setelah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berhenti membiayai hotel untuk isolasi mereka yang terpapar Covid-19 dengan status tanpa gejala.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pengelola Anjungan dan Graha Wisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Ranty Ariany mengatakan sejak Kamis (10/6) sudah ada empat orang OTG yang masuk.


Ia menyebut, tidak ada tenaga kesehatan yang diterima pihaknya untuk menginap di wisma yang berada di berdempetan dengan salah satu sisi Kebun Binatang Ragunan tersebut. 

"Pasien sudah ada yang masuk, 4 orang yang masuk dari kemarin," kata Ranty kepada CNNIndonesia.com, Jumat (11/6).

Selain empat orang itu, Ranty mengatakan pada Jumat ini, ada 40 pasien lainnya yang dijadwalkan masuk. Mereka akan datang secara bertahap.

"Udah check-in 40 orang, tapi belum datang. Untuk pasien kita kapasitas bisa 200, 81 kamar," ujarnya.

Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, sejak pukul 15.30 WIB, pasien OTG terus berdatangan. Mereka datang dengan menggunakan ambulans maupun mobil angkutan sekolah.

Sebelum masuk, tampak sejumlah barang bawaan mereka disemprotkan disinfektan di luar gedung tersebut.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Bidang Penanganan Darurat BNPBDody Ruswandi membenarkan soal adanya penghentian pembiayaan hotel, penginapan, dan wisma untuk isolasi pasien OTG.

Namun, kata dia, penghentian pembiayaan itu hanya bersifat sementara.

"Iya, sementara karena nunggu anggaran, lagi diproses di Dirjen Anggaran. Tapi, nanti kalau keluar didukung lagi," kata Doddy kepada wartawan, Selasa (8/6).

Imbas penghentian itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menambah tempat isolasi terkendali untuk pasien positif Covid-19. Kini jadi ada 29 tempat isolasi dari sebelumnya hanya ada tiga lokasi. Salah satunya adalah Graha Wisata Ragunan.

Penambahan tempat isolasi itu tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 675 tahun 2021 tentang Perubahan Atas Kepgub Nomor 979 Tahun 2020 tentang Lokasi Terkendali Milik Pemprov DKI dalam Penanganan Covid-19.

(yoa/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK