Jokowi: Megawati Contoh Politisi Tak Harus di Pemerintahan

CNN Indonesia | Sabtu, 12/06/2021 02:09 WIB
Presiden Jokowi mengatakan menjadi politisi harus siap di dalam dan di luar pemerintahan. Dia menyebut Megawati bisa dijadikan contoh. Presiden Jokowi mengatakan menjadi politisi harus siap di dalam dan di luar pemerintahan. Dia menyebut Megawati bisa dijadikan contoh. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo menyebut Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri memberi contoh bahwa politikus tidak harus berada dalam pemerintahan.

Jokowi berkata Megawati selalu memperjuangkan hak rakyat, terutama ketika menjelang reformasi 1998.

"Ibu Megawati telah memberikan contoh pada kita semua bahwa menjadi politisi itu tidak harus berada di dalam pemerintahan. Menjadi politisi, harus siap di dalam pemerintahan dan harus siap berada di luar pemerintahan," kata Jokowi dalam penganugerahan gelar profesor kehormatan oleh Universitas Pertahanan kepada Megawati, Jumat (11/6).


Jokowi menyebut Megawati sebagai pemimpin strategis yang telah dicatat sejarah. Dia menganggap Mega sebagai tokoh yang mengawal dan mendorong reformasi.

Mantan Wali Kota Solo itu juga menyanjung kiprah Megawati di pemerintahan. Jokowi menyampaikan Mega meninggalkan banyak warisan untuk Indonesia selama menjadi presiden.

"Mulai dari ekonomi kerakyatan, lahirnya Undang-Undang Sistem Jaminan Sosial Nasional, lahirnya Perppu dan UU Antiterorisme, lahirnya Undang-Undang KPK, dan masih banyak lagi," ungkap Jokowi.

Dia memberi selamat kepada Megawati atas gelar guru besar bidang kepemimpinan strategis di Universitas Pertahanan. Ia berharap Mega bisa mentransfer pengalaman dan keilmuannya di kampus tersebut.

"Unhan akan memperoleh arahan, inspirasi, dan bahkan perkuliahan dari ibu Mega untuk pendidikan dan penelitian tentang kepemimpinan strategis yang jadi kebutuhan dasar dalam mengawal perubahan strategis bagi kemajuan Indonesia," tuturnya.

(dhf/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK