Moeldoko Akui Minum Ivermectin yang Diklaim Obat Covid-19

CNN Indonesia | Sabtu, 12/06/2021 14:48 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengaku telah beberapa kali mengonsumsi Ivermectin yang diklaim sebagai obat untuk melawan covid, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (Foto: CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengaku pernah mengonsumsi Ivermectin yang diklaim sebagai obat untuk melawan virus covid-19.

Moeldoko mengklaim tak ada efek negatif selama mengonsumsi ivermectin.

"Saya sudah menggunakan beberapa kali, nggak ada masalah, dan saya sehat-sehat saja," ujar Moeldoko di Jakarta, Sabtu (12/6).


Moeldoko mengklaim ivermectin tak membawa risiko kematian dan masih digunakan di sejumlah negara.

"Kita melihat beberapa negara yang sudah gunakan itu dan berhasil. Pada satu sisi kita menghadapi situasi di mana peningkatan itu muncul, apakah kita harus diam?" tuturnya.

Ia tak mempersoalkan kebijakan pemerintah India yang menarik penggunaan Ivermectin di beberapa negara bagian.

Mantan Panglima TNI itu menilai, keberadaan obat itu justru menjadi upaya untuk melawan kasus covid-19 di Indonesia yang terus meningkat.

"Jadi kita lihat positifnya, jangan kita lihat negatifnya karena kita saat ini menghadapi sebuah situasi yang cukup emergency untuk ditangani itu ya," ucap Moeldoko.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelumnya telah mengingatkan bahaya Ivermectin yang telah mulai disebar ke beberapa daerah.

Ivermectin disebut terdaftar di Indonesia untuk indikasi infeksi kecacingan dan diberikan dalam dosis tunggal serta pemakaian setahun sekali.

(ted)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK