Gempa M 5 Guncang Seram Timur Maluku, Tak Potensi Tsunami

CNN Indonesia | Sabtu, 12/06/2021 20:15 WIB
Gempa magnitudo 5 mengguncang Kabupaten Seram Timur Maluku pada Sabtu (12/6) pukul 18.20 WIB dan tak berpotensi tsunami. Ilustrasi gempa. (Foto: Istockphoto/ P_Wei)
Maluku, CNN Indonesia --

Gempa bumi magnitudo 5 mengguncang Kabupaten Seram Bagian Timur Maluku, Sabtu, (12/6) pukul 18.20 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut awal gempa bumi ini berkekuatan M=5,0 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=4,9.

Pusat gempa bumi terletak di koordinat 3,67°LS; 131,56° BT, atau berlokasi di laut pada jarak 134 km arah Tenggara, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku pada kedalaman 26 km.


BMKG menyatakan gempa dengan pusat kedalaman 15 kilometer itu tidak berpotensi tsunami.

BMKG mencatat gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di Palung Seram (Seram Trough).

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini dirasakan di daerah Seram Bagian Timur atau II MMI yang berarti getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Meski tak berpotensi tsunami namun BMKG mengimbau masyarakat agar berhati-hati, tetap tenang, dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Warga juga diminta memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan yang membahayakan.

(sai/psp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK