UPDATE CORONA 15 JUNI

Kasus Positif Bertambah 8.161, Pasien Sembuh 6.407

CNN Indonesia | Selasa, 15/06/2021 17:25 WIB
Pemerintah pusat dan daerah tengah fokus menghadapi lonjakan kasus positif virus corona usai libur panjang lebaran. Ilustrasi tes swab yang dilakukan tim medis guna mendeteksi virus corona (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kasus positif virus corona (Covid-19) bertambah 8.161 pada hari ini. Dengan demikian, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 1.927.708 sejak pertama kali diumumkan pada awal Maret 2020 lalu oleh Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, dari total kasus positif tersebut, sebanyak 1.757,641 di antaranya telah sembuh. Pasien yang sembuh dari infeksi virus corona bertambah 6.407 dari hari sebelumnya.

Kemudian, dari total kasus positif, sebanyak 53.280 di antaranya telah meninggal dunia. Pasien yang wafat usai terinfeksi virus corona 164 dari hari sebelumnya.


Jumlah spesimen yang diperiksa hari ini sebanyak 108.800. Kasus aktif kini ada  sebanyak 116.187 Bertambah 1.590 dari hari sebelumnya.

Sejauh ini, pemerintah pusat dan daerah masih terus berupaya menanggulangi pandemi virus corona. Berbagai kebijakan telah diterapkan. Mulai dari pembatasan kegiatan masyarakat, program vaksinasi nasional hingga pemberian bantuan ekonomi kepada kalangan yang terdampak.

Pembatasan kegiatan masyarakat kini diperketat lantaran terjadi lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah daerah usai libur panjang lebaran 2021. Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) kini diterapkan dalam skala mikro.

Namun, ada pihak yang menyarankan agar pemerintah lebih memperketat aturan dalam membatasi kegiatan masyarakat. Ada epidemiolog yang menyarankan penerapan kembali PSBB, sementara IDI mengusulkan lockdown atau karantina wilayah.

Mengenai vaksinasi, pemerintah melakukan program tersebut guna menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity. Targetnya, lebih dari 180 juta penduduk Indonesia disuntik vaksin. Vaksin sendiri tidak menangkal virus corona menginfeksi tubuh, melainkan meringankan dampak atau gejala yang dialami.

Kalangan yang menjadi prioritas vaksinasi yaitu lanjut usia, petugas layanan publik. Akan tetapi, kini Kementerian Kesehatan sudah mulai merencanakan vaksinasi untuk masyarakat umum.

(bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK