UPDATE CORONA 15 JUNI

Rangkuman Covid: Zona Merah Melonjak Hingga Usulan Lockdown

CNN Indonesia | Selasa, 15/06/2021 18:27 WIB
CNNIndonesia.com merangkum peristiwa dan informasi perkembangan covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir. Dari lonjakan zona merah hingga usulan lockdown. Ilustrasi. (Antara Foto/Yusuf Nugroho)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah kembali menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro pada 15-28 Juni. Hal itu itu tertuang dalam Instruksi Mendagri Nomor 13 Tahun 2021. Perpanjangan itu dilakukan mengingat perkembangan kasus virus corona di Indonesia terus meningkat.

Namun begitu, beberapa pihak menganggap bahwa PPKM Mikro tak cukup ampuh menekan lonjakan covid-19 di Tanah Air. Ahli epidemiologi hingga koordinator Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet meminta agar penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang lebih ketat diberlakukan.

Sementara pandemi virus corona yang telah menjangkit Indonesia 14 bulan belakangan telah mengakibatkan 52 jiwa lebih meninggal akibat terinfeksi wabah global ini. Beberapa klaster penularan mulai muncul kembali, kali ini banyak ditemukan di satu kawasan mikro atau RT/RW.


Tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) Rumah Sakit khususnya di Pulau Jawa juga mengalami peningkatan. Peta zonasi risiko penularan covid-19 juga meningkat dibandingkan pekan lalu.

CNNIndonesia.com telah merangkum peristiwa dan informasi perihal perkembangan kasus covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir, sebagaimana berikut.

Desakan Kembali ke PSBB Ketat

Epidemiolog Universitas Airlangga Windhu Purnomo sebelumnya mengusulkan agar pemerintah menerapkan kembali PSBB ketat menyusul ditemukannya beberapa mutasi virus SARS-CoV-2 yang tergolong 'Variant of Concern (VoC)', yang kemudian dinilai memberikan dampak cukup signifikan pada tingkat penularan covid-19.

Koordinator Humas Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet Letkol TNI Laut M. Arifin juga meminta agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menarik rem darurat penanganan covid-19 dengan memberlakukan kembali regulasi ketat PSBB yang pernah dilakukan Anies pada 2020 silam.

Permintaan itu ia sampaikan mengingat saat ini jumlah pasien terpapar covid-19 yang dirawat di RSD Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, mengalami kenaikan hingga 200-400 pasien baru setiap harinya.

Lonjakan Zona Merah, Jateng Terbanyak

Jawa Tengah tercatat menjadi provinsi yang menyumbang kabupaten/kota terbanyak yang masuk dalam zona merah atau wilayah dengan risiko tinggi penularan virus corona dalam sepekan terakhir.

Berdasarkan data perkembangan terakhir per 13 Juni 2021, terdapat total 29 kabupaten/kota yang masuk zona merah. Jumlah daerah yang masuk zona merah pada pekan ini bertambah dibanding data pekan lalu yang hanya mencatat 17 wilayah yang dikategorikan zona merah. Dalam sepekan, zona merah melonjak 12 wilayah.

Dari 29 daerah zona merah, tujuh diantaranya disumbang oleh Jawa Tengah, dengan rincian Kabupaten Wonogiri, Kudus, Grobogan, Tegal, Sragen, Semarang, dan Jepara.

IDI Minta PPKM jadi Lockdown

Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban meminta agar pemerintah mengganti istilah PPKM Mikro menjadi lockdown alias kekarantinaan wilayah.

Zubairi menilai sudah saatnya ada ketegasan dari pemerintah pusat dan daerah untuk menyesuaikan regulasi di tengah kondisi naiknya kasus covid-19 yang mengakibatkan tingkat keterisian tempat tidur alias BOR RS di sejumlah daerah Indonesia mulai penuh.

PPKM Diperpanjang 14 Hari

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK