Warga Madura Berontak di Suramadu, Protes Dipaksa Tes Antigen

CNN Indonesia | Kamis, 17/06/2021 12:26 WIB
Seorang warga memprotes petugas lantaran memaksa pengendara dari arah Madura untuk dites swab antigen. Dia mempertanyakan petugas sudah melakukan hal yang sama. Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dan Pemerintah Kota setempat melakukan penyekatan di Jembatan Suramadu. Pengendara dari Madura yang hendak masuk ke wilayah Surabaya pun dites swab antigen. Foto: CNN Indonesia/Farid
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang warga yang berkendara dari arah Madura memprotes petugas di titik penyekatan kaki Jembatan Suramadu, Jawa Timur, lantaran diminta menjalani tes swab antigen.

Ia memberontak alias tak mau menuruti perintah dan balik mempertanyakan apakah para petugas yang berjaga di pintu penyekatan, sudah menjalani swab atau belum.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko merespons peristiwa tersebut dengan mengatakan bahwa setiap harinya semua petugas yang berjaga di Suramadu telah menjalani swab antigen, baik yang di sisi Bangkalan maupun Surabaya.


"Petugas yang di pos penyekatan itu semua telah dilakukan swab antigen, setelah mereka selesai bertugas, sebelum pulang bertemu dengan keluarganya masing-masing wajib dilakukan swab antigen," kata Gatot (16/6).

Ia pun meminta masyarakat mau memahami dan mengerti, bahwa apa yang dilakukan petugas adalah upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19. Serta kebaikan bersama.

"Mari kita bersama-sama berjuang melawan Covid-19 dengan melakukan 3T (testing, tracing, treatment), memastikan diri kita terbebas dari Covid-19," ucapnya.

[Gambas:Instagram]


Pemerintah kata dia, juga sedang berjuang untuk keselamatan masyarakat dari bahaya Covid-19 varian baru, yang dapat dengan mudah menyebar luas.

"Semua yang kita lakukan ini hanya untuk keselamatan masyarakat, bukan untuk hal lain," ucapnya.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, dan anjuran 5M dengan ketat.

"Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas," kata dia.

Aksi protes warga Madura di titik penyekatan jembatan Suramadu itu sengaja direkam dan berujung viral di media sosial.

Perekam video itu tak mau menjalani swab antigen di Suramadu. Ia malah balik mempertanyakan apakah para petugas yang berjaga di pintu penyekatan, sudah menjalani swab atau belum.

Video itu, salah satunya diunggah oleh akun Instagram @teluur, dan telah disaksikan sebanyak 284,976 kali serta sudah dikomentari 1.656 kali.

"Pak harusnya di-swab dulu semuanya, baru bapak bisa mendiskriminasi orang Madura untuk swab. Ini bapak sudah swab belum? Boleh lihat surat-suratnya?" kata perekam tersebut.

(frd/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK