Anies Targetkan Semua Warga Dewasa Rampung Divaksin Agustus

CNN Indonesia | Kamis, 17/06/2021 13:33 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendorong warga berusia di atas 18 tahun lekas divaksinasi guna menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan semua warga berusia dewasa sudah divaksin di akhir Agustus (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan seluruh warga ibu kota berusia dewasa atau di atas 18 tahun sudah disuntik vaksin akhir Agustus mendatang. Dia ingin mempercepat proses vaksinasi demi menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity dari Covid-19.

"Bila kita bisa melakukan rata-rata per hari 100 ribu vaksinasi, maka InsyaAllah di akhir Agustus kita akan bisa memvaksin seluruh orang dewasa di Jakarta," kata Anies dalam sebuah diskusi virtual, Kamis (17/6).

Menurut Anies, untuk mencapai target seluruh warga dewasa mendapat vaksin Covid-19, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus melakukan upaya percepatan. DKI menargetkan dapat melakukan vaksinasi kepada 100 ribu orang per hari.


Berdasarkan data Pemprov DKI sampai dengan Rabu (16/6), sebanyak 3.041.573 orang telah mendapatkan vaksin dosis pertama, sedangkan sebanyak 1.871.327 orang telah mendapatkan dosis kedua.

Anies mengatakan ada dua rute dalam mencapai kekebalan kelompok. Pertama, warga terinfeksi lalu sembuh dan memiliki imunitas di tubuhnya. Rute kedua dengan proses vaksinasi yang membuat tubuh jadi memiliki antibodi.

"Di Jakarta sudah ada lebih dari 400 ribu kena (Covid), artinya mereka yang sudah kena antibodinya lewat natural karena terinfeksi," kata Anies.

"Sisi lain vaksinasi, kita harus genjot di vaksinasi. Karena itu kemudian kita siapkan sistemnya, mulai dari aplikasi, tenaga medis, lokasi," kata dia menambahkan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga telah memberi target kepada Anies untuk mewujudkan kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap Covid-19 pada Agustus 2021.

Jokowi meminta Anies meningkatkan kapasitas vaksinasi di Jakarta hingga 100 ribu orang per hari. Dia ingin perintah itu dilaksanakan mulai pekan depan.

(dmi/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK