Kejar Target Jokowi, Anies Akan Vaksinasi 100 Ribu per Hari

CNN Indonesia
Senin, 14 Jun 2021 14:45 WIB
Anies Baswedan akan adakan vaksinasi 100 ribu suntikan per hari agar tercapai target 7,5 juta orang pada Agustus, sesuai perintah Jokowi. Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri) meninjau vaksinasi Covid-19 massal bagi pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan vaksinasi Covid-19 di Ibu Kota mampu mencapai 100 ribu suntikan per hari. Dengan angka itu, ia berharap akan ada 7,5 juta warga Jakarta yang mendapatkan vaksin hingga akhir Agustus, sebagaimana perintah Presiden Joko Widodo.

"Memang target kami di Jakarta akan dilakukan kegiatan vaksinasi, insya Allah per hari targetkan 100 ribu rata-rata, sehingga di akhir bulan Agustus akan ada 7,5 juta penduduk Jakarta yang sudah mendapatkan vaksin," kata Anies kepada wartawan, Senin (14/6).

Berdasarkan data terakhir, ia mengatakan vaksinasi sudah menyentuh angka 2,8 juta. Hingga akhir Juni nanti, ia menargetkan angka vaksinasi menyentuh 3 juta warga.


"Kita perlu menambah 4,5 juta lagi. Dengan penambahan 4,5 juta tercapai angka 7,5 juta sehingga kita bisa berada dalam situasi insyaAllah herd immunity," ujar dia.

Secara khusus, Anies mengklaim vaksinasi untuk kelompok lansia telah menyentuh angka 72 persen dari target. Menurutnya, hal itu membantu mengurangi angka kematian Covid-19.

"Kita meskipun ada gelombang tinggi, tapi tingkat kematian rendah, karena banyak orang tua yang terpapar sudah pernah mendapatkan vaksin, sehingga tidak mengalami gejala berat," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi memerintahkan Anies menuntaskan vaksinasi Covid-19 pada Agustus 2021. Menurut Jokowi, ada 7,5 juta warga DKI Jakarta yang harus divaksin demi mencapai kekebalan komunal.

Sebagai provinsi dengan mobilitas warga yang cukup tinggi, kata Jokowi, vaksin jadi penentu kesuksesan pemerintah membatasi penyebaran Covid-19 di Jakarta.

"Saya juga tadi telah menyampaikan kepada Gubernur DKI untuk nanti di akhir Agustus, target 7,5 juta penduduk di Jakarta harus sudah tervaksinasi," kata Jokowi di Rusun Tanah Tinggi, Jakarta, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (14/6).

Pemerintah Pusat menargetkan vaksinasi Covid-19 terhadap 181,5 juta orang pada 2021. Target itu dicanangkan untuk mencapai kekebalan komunal.

Pada Juni ini, Jokowi meminta agar dilakukan percepatan vaksinasi. Ia ingin Indonesia bisa menyuntik vaksin terhadap 700 ribu orang per hari. Pada bulan berikutnya, Jokowi meminta kapasitas vaksinasi digandakan menjadi 1 juta orang per hari.

(yoa/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER