Tjahjo Target ASN Pusat Pindah Bertahap ke Ibu Kota Baru 2023

CNN Indonesia | Kamis, 17/06/2021 15:32 WIB
Menpan-RB Tjahjo Kumolo menargetkan sebagian ASN kementerian/lembaga sudah pindah bertahap ke ibu kota baru pada 2023. Menpan RB Tjahjo Kumolo menargetkan sebagian ASN pusat pindah ke ibu kota baru tahun 2023. (Foto: CNN Indonesia/Daniela Dinda)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, sebagian aparatur sipil negara (ASN) di kementerian/lembaga dan instansi pusat diharapkan sudah pindah secara bertahap ke ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur pada 2023.

"Kami ingin target akhir tahun 2023 sebagian ASN kementerian, lembaga, dan instansi pusat sudah bertahap pindah ke ibu kota baru," katanya melalui siaran langsung Youtube Kementerian PANRB, Kamis (17/6).

Target ini diputuskan, kata Tjahjo, agar IKN sudah bisa menjalankan struktur pemerintahan dengan sistem smart government pada 2024.


Politikus PDIP itu mengatakan pihaknya sudah menyiapkan peta jalan atau roadmap terkait pelaksanaan pemerintahan tersebut. Hanya saja peta jalan itu masih menunggu kepastian keputusan perpindahan ibu kota.

"Kita punya keinginan 17 Agustus 2024, upacara kenegaraan nanti sudah bisa diperingati bersama oleh segenap pejabat dan ASN kementerian, lembaga, instansi pusat di ibu kota baru," tambah Tjahjo.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo menunjuk Kabupaten Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur sebagai lokasi calon IKN baru pada 2019 lalu.

Meskipun di tengah krisis pandemi covid-19, pemerintah masih mengupayakan rencana pemindahan ibu kota. Hanya saja, pembangunan IKN baru mesti ditunda.

Pada 2020 lalu, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan keputusan itu diambil karena pemerintah masih fokus menyelesaikan pandemi.

"Mengenai ibu kota negara, terutama untuk komunikasi pada tim rumusan koordinasi. Sampai hari ini ibu kota negara programnya masih di-hold," kata Suharso dalam Rapat Kerja bersama Komisi XI DPR RI, Selasa (8/9).

Berdasarkan rincian pagu indikatif Kementerian PUPR, pemerintah belum mengalokasikan anggaran pembangunan IKN baru untuk 2022 mendatang.

(fey/tjahjo)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK