Pernah Viral, 'Tugu Naruto' di Samarinda Dirusak Pencuri

CNN Indonesia | Jumat, 18/06/2021 20:14 WIB
Tugu perbatasan Samarinda-Kukar, yang pernah viral karena bentuknya mirip ekor Kurama di anime Naruto, rusak lantaran menjadi sasaran pencurian. Tugu perbatasan di Samarinda - Kutai Kartanegara, Kaltim, dipreteli pencuri. (Foto: Dok: FB FKPM Samarinda)
Samarinda, CNN Indonesia --

Pernah viral pada 2020 karena bentuknya menyerupai ekor Kurama di anime Naruto, tugu perbatasan Samarinda - Kutai Kartanegara (Kukar) kini rusak lantaran menjadi sasaran pencurian

Dinding tugu yang terbuat dari plat tembaga bernilai mahal itu dikuliti oleh pria berinisial RD (45) bersama rekannya SM dengan tujuan untuk dijual secara kiloan.

Kapolsek Sungai Pinang Kompol Muhammad Jufri menyebut RD tertangkap sendirian, sedangkan rekannya (SM) masih dalam pengejaran.


"Pelaku sudah kita amankan di Polsek Sungai Pinang, untuk penyelidikan selanjutnya. Sedangkan satu pelaku lainnya masih dalam pengejaran," katanya, Jumat (18/6).

RD ditangkap saat sedang melakukan aksinya, pada Jumat (18/6) dini hari. Warga yang kesal langsung membakar motor pelaku. Kepolisian setempat langsung mengamankan RD dari amukan massa, setelah sempat diikat oleh warga.

Saat tugu selamat datang itu sempat viral pada 2020, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Samarinda mengklaim bahwa tugu itu dibangun dengan sangat kokoh.

Tembaga yang melapisi bagian paruh diimpor dari luar negeri dan diambil dari Boyolali.

"Jadi pelaku (RD) ini hanya membantu dan belum sempat membawa plat tugu, namun dari keterangan dia kita dapati identitas rekannya berinisial SM yang terlebih dahulu melakukan pencurian," kata Jufri.

Saat ini, pihaknya masih terus melakukan pengejaran pads SM, sembari menunggu laporan dari pihak yang dirugikan akibat aksi pencurian itu.

(yov/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK