Kasus Harian Covid Tertinggi Sejak Pandemi, DKI Terbanyak

CNN Indonesia | Senin, 21/06/2021 17:44 WIB
Jakarta menyumbang kasus positif tertinggi dalam lima hari terakhir. Sementara kasus harian nasional hari ini tercatat yang tertinggi sejak pandemi. Kasus harian covid-19 pada Senin (21/6) tertinggi sejak Januari lalu. (Foto: CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia bertambah 14.536 pada hari ini, Senin (21/6) yang merupakan jumlah harian tertinggi sejak pandemi melanda Indonesia, Maret 2020 lalu.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan hari ini, akumulasi kasus positif di Indonesia telah tembus 2 juta lebih dengan rincian 2.004.445. Dari jumlah itu, 1.801.761 orang dinyatakan sembuh dan 54.956 lainnya meninggal dunia.

Untuk tambahan 14 ribu kasus hari ini, Provinsi DKI Jakarta menjadi penyumbang kasus terbanyak dengan 5.014 kasus. Sebagai informasi, dalam lima hari ini tambahan kasus positif di DKI selalu tertinggi dibandingkan provinsi lain. Rata-rata kasus di DKI dalam lima hari terakhir sebanyak 4 ribu kasus.


Provinsi kedua yang menyumbang kasus terbanyak pada hari ini adalah Jawa Tengah dengan 3.252 kasus, lalu disusul Jawa Barat dengan 2.719 kasus, Jawa Timur 719 kasus dan DIY 662 kasus.

Dari 34 provinsi, hanya Maluku yang tidak mencatatkan penambahan kasus baru.

Sementara itu, ada tujuh provinsi yakni Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara, Papua Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat mencatatkan penambahan kurang dari 10 kasus.

Selain mencatatkan penambahan kasus tertinggi, DKI Jakarta juga menjadi daerah dengan angka kesembuhan tertinggi dan angka kematian tertinggi.

Per hari ini, ada 2.835 orang di DKI yang sembuh dari Covid dan 74 orang yang meninggal.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI, Dwi Oktavia sebelumnya sempat mengatakan, lonjakan kasus Covid-19 di Jakarta terjadi imbas aktivitas mudik lebaran 2021.

"Selama periode libur kemarin banyak yang melakukan perjalanan luar kota lalu kembali ke Jakarta. Kita lihat tujuan perjalanan yang kembali ke Jakarta memang terbanyak dari daerah yang angka kasusnya meningkat saat ini," kata Dwi kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (19/6).

(yoa/psp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK