ICU Penuh, RSDP Serang Selektif Terima Pasien Covid-19

CNN Indonesia | Selasa, 22/06/2021 04:32 WIB
Rumah Sakit dr. Dradjat Prawiranegara (RSDP) Serang, Banten juga membatasi pemberian oksigen demi menjaga stok yang sangat terbatas. Ilustrasi tim medis khusus penanganan virus corona (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rumah Sakit dr. Dradjat Prawiranegara (RSDP) Serang, Banten telah penuh akibat lonjakan kasus positif virus corona (Covid-19). Kini RSDP menyeleksi pasien yang ingin dirawat.

"Saat ini, ICU kami sudah penuh, ada 5 ruangan ICU, terisi pasien semuanya," kata Humas RSDP Serang, Khaerul Anam, Senin (21/6).

Mengenai kamar rawat inap, RSDP memiliki 82, tetapi sudah terisi 63. Tidak semua pasien positif Covid-19 bisa diberi perawatan di RSDP karena hanya tersisa 19. Pasien bergejala berat yang diutamakan.


Selain itu, RSPD pun membatasi pemberian oksigen kepada para pasien. Tujuannya agar pasien Covid-19 bergejala berat tidak kehabisan stok oksigen.

"Kita tidak langsung menerima pasien, karena kita lihat kondisi pasien, apakah dia membutuhkan ruang ICU, oksigen atau dirawat di ruang isolasi biasa. Karena perbedaan pasien ini, kita tetap melakukan triase, apakah pasien itu bisa dirawat di RS kami atau tidak," terangnya.

Anam menjelaskan, dari 63 pasien Covid-19 yang mendapatkan perawatan di RSDP Serang, sebagian besar diisi oleh warga Kota Serang, Banten.

"Kebanyakan pasien dari Kota Serang, sekitar 70 persen. Kami dari RSDP, menghimbau kepada semua warga, untuk selalu taat prokes," jelasnya.

Kasus positif harian di Pemprov Banten bertambah menjadi 476 orang pada Senin (21/6). Sejauh ini, total pasien Covid-19 yang masih di rawat sebanyak 2.972 orang.

Di Banten juga telah ada 1.390 pasien Covid-19 yang meninggal dunia, sementara 49.854 telah dinyatakan sembuh.

(ynd/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK