Rizieq Shihab Acungkan Jempol di Balik Jendela Mobil Tahanan

CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 09:26 WIB
Terdakwa Rizieq Shihab tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) jelang sidang vonis kasus dugaan penyebaran berita bohong hasil tes swab RS Ummi. Terdakwa Rizieq Shihab tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) jelang sidang vonis kasus dugaan penyebaran berita bohong hasil tes swab RS Ummi. Foto: CNN Indonesia/Yulia Adiningsih
Jakarta, CNN Indonesia --

Terdakwa Rizieq Shihab tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) jelang sidang vonis kasus dugaan penyebaran berita bohong mengenai hasil tes swab Rumah Sakit Ummi.

Mobil tahanan kejaksaan yang membawa Rizieq dikawal oleh Patwal Lantas dan satu unit Baracuda.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Rizieq tiba pukul 08.35 WIB. Saat hendak memasuki gerbang PN Jaktim, ia mengacungkan jempol dari balik jendela mobil tahanan.


Sementara itu, area PN Jaktim dijaga ketat oleh aparat gabungan TNI-Polri, dan Satpol PP. Polisi memarkir sejumlah kendaraan lapis baja di deoan gerbang PN Jaktim seperti, 2 unit barracuda, 2 unit water cannon, Raisa, dan lainnya.

Penjagaan tampak lebih ketat daripada persidangan sebelumnya. Kedua lajur Jalan Ir. Soemarno dijaga puluhan aparat.

Bahkan, polisi telah menutup total lalu lintas di jalan Ir. Soamarno dari arah barat. Mereka juga menyekat persimpangan di sebelah barat PN Jaktim.

Polisi juga telah mengamankan puluhan simpatisan Rizieq yang mendatangi PN Jaktim. Aparat menghentikan mobil dengan plat luar daerah seperti, D, F, dan A. Polisi juga menghentikan simpatisan yang menggunakan motor roda dua.

Setelah digeledah, puluhan simpatisan tersebut digiring ke area berpagar yang biasa menjadi tempat logistik bagi aparat.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, sejak sekitar pukul 07.50 WIB, aparat polisi telah menyiagakan kendaraan lapis baja di jalan masuk fly over Cakung. Puluhan aparat juga bersiaga di lokasi tersebut.

Sebelumnya, terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong Rizieq Shihab akan menjalani persidangan dengan agenda vonis di PN Jaktim.

Selain Rizieq, kasus ini juga menyeret menantunya, Hanif Alatas dan Direktur RS Ummi Andi Tatat.

Pada persidangan sebelumnya, jaksa penuntut umum (JPU) menuntut agar Rizieq dihukum 6 tahun penjara. Rizieq lantas menilai bahwa tuntutan jaksa tersebut sadis.

(iam/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK