Massa Rizieq Shihab Ceburkan Kendaraan Aparat ke Sungai

CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 12:46 WIB
Bentrok polisi dan massa pendukung Rizieq, menurut Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan, dipicu ulah massa yang menceburkan kendaraan ke sungai. Polisi memblokade massa pendukung Rizieq Shihab di kawasan I Gusti Ngurah Rai ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan mengatakan bentrok yang terjadi antara massa simpatisan Rizieq Shihab dengan aparat kepolisian dipicu oleh tindakan pengunjuk rasa menceburkan kendaraan aparat ke sungai.

"Tadi ada kendaraan anggota yang sempat dimasukkan ke sungai oleh pengunjuk rasa sehingga menimbulkan sedikit kericuhan," kata Erwin saat ditemui awak media di fly over Jalan I Gusti Ngurah Rai, Cakung Jakarta Timur, Kamis (24/6).

Erwin tak menjelaskan lebih lanjut kendaraan aparat yang dimasukkan ke sungai oleh massa.


Massa simpatisan Rizieq sempat berupaya menerobos barikade yang dibuat oleh polisi di sisi barat fly over I Gusti Ngurah Rai.

Mereka hendak menghadiri Pengadilan Negeri Jakarta Timur, lokasi sidang vonis kasus dugaan penyebaran berita bohong dengan terdakwa eks pentolan FPI Rizieq Shihab dilaksanakan. 

Mulanya, massa simpatisan Rizieq melempari aparat dengan botol air mineral. Setelah dipukul mundur polisi, mereka melarikan diri ke perkampungan dan jalan kereta api. Kemudian, massa mulai melempari polisi dengan batu.

"Kami negosiasi dengan koordinatornya, tapi karena keinginannya tidak bisa kami akomodir maka tentu kami sampaikan itu tidak bisa kami akomodir," kata Erwin.

Menurut Erwin, pihaknya tidak mengizinkan massa aksi ke area PN Jaktim karena dikhawatirkan akan mengganggu jalannya persidangan.

Selain itu, kata dia, karena situasi pandemi, pihaknya juga berupaya mencegah terjadinya kerumunan.

"Sehingga tidak terpapar covid-19 itu yang menjadi dasar utama," jelas Erwin.

(iam/ugo)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK