Jokowi Targetkan Vaksinasi 2 Juta Orang Sehari Mulai Agustus

CNN Indonesia
Sabtu, 26 Jun 2021 14:30 WIB
Presiden Jokowi menargetkan vaksinasi Covid-19 terhadap 1 juta orang per hari pada Juli, lalu 2 juta orang per hari mulai Agustus. Presiden RI Joko Widodo. (Dok. Biro Pers)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menargetkan vaksinasi Covid-19 terhadap 2 juta orang per hari di Indonesia mulai Agustus.

Target baru itu dicanangkan dalam upaya percepatan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh warga Indonesia.

Sebelumnya diketahui, Jokowi menargetkan vaksinasi 1 juta orang per hari mulai Juli, dan kini dia meningkatkannya jadi 2 juta sehari pada bulan berikutnya.


"Saya berharap dimulai hari ini target 1 juta vaksin untuk seluruh Indonesia betul-betul terus kita jaga sampai nantinya bulan Juli. Nanti bulan Agustus akan kita beri target 2 kali yang ada sekarang ini," kata Jokowi dalam telekonferensi bersama sejumlah pemerintah daerah, disiarkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (26/6).

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengecek pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Lapangan Bhayangkara, Jakarta. Ia juga mengecek vaksinasi di sejumlah kota lewat telekonferensi.

Jokowi menanyakan progres penyuntikan vaksin di setiap daerah. Setelah itu, ia bertanya apakah pemerintah daerah sanggup melipatgandakan kapasitas vaksin di daerah masing-masing.

"Kalau ditingkatkan jadi dua kali bisa ndak? Di samping saya ini Pak Menkes adalah bagian menyediakan vaksinnya," ujar Jokowi.

Pemerintah Indonesia mengandalkan vaksinasi sebagai salah satu cara keluar dari pandemi Covid-19. Pemerintah mencanangkan vaksinasi Covid-19 terhadap 181,5 juta orang guna mencapai kekebalan kelompok.

Pemerintah memasang target ambisius untuk menuntaskan vaksinasi pada akhir tahun ini. Sebanyak 426 juta dosis vaksin telah dipesan dari berbagai produsen vaksin internasional.

Vaksinasi telah dimulai sejak 13 Januari 2021. Per Jumat (25/6), 25.735.736 orang telah menerima suntikan pertama vaksin Covid-19. Baru 12.956.968 orang di antaranya yang telah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

Angka itu masih jauh dari target vaksinasi terhadap 181,55 juta penduduk Indonesia.

Pada Jumat lalu ada tambahan 570.586 warga yang vaksinasi dosis pertama, dan 129.749 tambahan vaksinasi dosis kedua.

(dhf/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER