Pemerintah Klaim Kasus Covid DKI Turun, Bali Seminggu Lagi

CNN Indonesia
Minggu, 18 Jul 2021 05:58 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat untuk konsisten membatasi mobilitas selama PPKM Darurat. Pekerja mengangkat peti untuk dipindahkan ke mobil ambulans di TPU Petamburan, Jakarta, Selasa, 6 Juli 2021. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan mobilitas masyarakat serta kasus Covid-19 di DKI Jakarta mulai turun di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat. Dia juga mengklaim secara beriringan, kasus covid DKI pun turun.

Luhut bahkan optimistis Bali juga akan mengalami penurunan kasus.

"Kami lihat ada beberapa daerah yang mencapai penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat sudah cukup baik dan penambahan kasus sudah flattening dan sudah menurun, seperti DKI Jakarta, dan saya lihat Bali juga akan menurun satu minggu ke depan," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Sabtu (17/7).


Namun demikian, ia memprediksi, kasus Covid-19 di Jakarta dan Bali masih akan naik dalam 2-3 hari ke depan. Ia pun meminta masyarakat untuk konsisten membatasi mobilitas selama PPKM darurat.

"Kalau kita konsisten, semua saya lihat akhir Juli posisi kita akan semakin baik. Oleh karena itu, saya minta teman-teman di semua tempat, di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur untuk bahu membahu, dan tempat lain penjuru Tanah Air untuk melawan varian Delta ini," katanya.

Dalam kesempatan itu, Luhut juga mengatakan keputusan PPKM Darurat diperpanjang atau tidak baru akan diambil pada dua sampai tiga hari mendatang. Saat ini, pemerintah, kata dia, masih melakukan evaluasi hasil kebijakan untuk menekan penularan Covid-19 tersebut.

"Saat ini kami sedang melakukan evaluasi terhadap apakah PPKM dibutuhkan perpanjangan lebih lanjut. Kami akan laporkan ke presiden. Saya kira dua sampai tiga hari ke depan kita juga akan mengumumkan secara resmi," kata Luhut.

(yoa/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER