PPKM Level 4 Manokwari-Sorong hingga 31 Juli

CNN Indonesia | Kamis, 22/07/2021 21:39 WIB
Gubernur Papua Barat menugaskan Satpol PP untuk mengedepankan langkah langkah profesional, humanis, dan persuasif, dalam pelaksanaan PPKM tersebut. Petugas memakamkan jenazah pasien COVID-19 di pemakaman khusus COVID-19 di Kota Sorong, Papua Barat, Sabtu (17/10/2020). (ANTARA FOTO/OLHA MULALINDA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Papua Barat memutuskan memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terhitung 21 Juli hingga 31 Juli. Keputusan ini diambil beriringan sejumlah daerah lainnya yang ditetapkan berstatus level 3 dan 2.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Papua Barat, Derek Ampnir mengatakan ada dua daerah yang berstatus PPKM Level 4: Manokwari dan Kota Sorong. Level 3 berlaku di Kabupaten Fakfak, Teluk Bintuni dan Kabupaten Teluk Wondama, sedangkan PPKM Level 2 berlaku di Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Sorong, Sorong Selatan, Maybrat, Kaimana, Manokwari Selatan, dan Kabupaten Pegunungan Arfak.

Gubernur Papua Barat menugaskan Satpol PP Provinsi dan Kabupaten Kota untuk mengedepankan langkah langkah profesional, humanis, dan persuasif, dalam pelaksanaan PPKM tersebut.


Bagi pelanggar PPKM, Gubernur mengingatkan agar penegakan hukum atau disiplin yang tegas di lakukan dengan simpatik tanpa adanya tindakan kekerasan yang berpotensi melanggar hukum. Satpol PP dalam melakukan pengawasan serta penertiban juga diminta untuk selalu bersinergi dengan TNI-Polri.

Direktur Kriminal Umum Polda Papua Barat, Kombes Polisi Iham Saparona mengingatkan kepada masyarakat pelaku perjalanan untuk tidak menggunakan jalan pintas dalam memperolah surat rapid tes antigen yang merupakan salah satu syarat keberangkatan. Dia mengingatkan bagi yang mencetak maupun yang menggunakan saling mengetahui dan kategorinya sama sama merupakan pelaku tindakan kriminal.

"Sadar bahwa telah melakukan pelanggaran hukum," terangnya

Kondisi Covid-19 di Papua Barat per tanggal 22 Juli 2021 menurun d banding penambahan sehari sebelumnya. Jika pada hari Rabu penambahan angka positif di Papua Barat mencapai 235 orang, hari ini Papua Barat hanya ketambahan 153 orang.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua Barat, dr Arnold Tiniap mengatakan penambahan itu berasal dari Kota Sorong 36 orang, Fakfak 35 orang, Manokwari 29 orang, Sorong Selatan 18 orang, Teluk Wondama 10 orang, Raja Ampat 8 orang, Teluk Bintuni 7 orang, Kaimana 5 orang, Kabupaten Sorong 4 dan Kabupaten Maybrat 1 orang.

Terkait dengan angka kesembuhan, pada Rabu kemarin sebanyak 277 orangt dilaporkan sembuh dan hari ini sebanyak 170 orang dinyatakan sembuh. Kabupaten Manokwari terbanyak dengan angka kesembuhan 106 orang. Per 22 Juli 2021, Kasus aktif baru Covid-19 di Papua Barat sudah mencapai 4.004 orang. Manokwari jadi yang tertinggi dengan total 1.552 orang.

(hen/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK