Mahfud MD Minta Jaksa Steril dari Intervensi Politik

CNN Indonesia
Sabtu, 24 Jul 2021 02:16 WIB
Mahfud MD berharap kejaksaan bisa memperkokoh dan memagari institusinya agar tak mudah diterobos pihak-pihak tak bertanggung jawab. Menko Polhukam Mahfud MD. (Rusman-Biro Pers)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta agar para jaksa bisa saling menjaga diri satu sama lain. Hal ini kata dia agar tak ada lagi jaksa yang terpengaruh intervensi politik bahkan terbawa perilku kolutif.

"Jaga para personel (Jaksa) agar steril dari intervensi politik dan kolutif," kata Mahfud dalam keterangan tertulis, Jumat (23/7).

Hal ini diungkap Mahfud berbarengan dengan perayaan Hari Bhayangkara ke-61 yang jatuh pada Kamis (22/7).

Dia juga berpesan agar di usia yang ke-61 ini lembaga Kejaksaan bisa memperkokoh dan memagari institusinya agar tak mudah diterobos pihak-pihak tak bertanggung jawab.

"Yang penting lembaga kokoh, pagar harus rapat sehingga yang bisa menerobos bisa sangat terbatas," kata dia.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu juga menyarankan agar lembaga tersebut memperkuat pembinaan moral terutama antar Jaksa agar tak ada lagi saling menjatuhkan antar Jaksa, justru yang ada malah saling melindungi.

"Sebagai saran, perkuat pembinaan moral agar antar sesama Adhyaksa tidak saling sikut. Jaga para personel agar steril dari intervensi politik dan kolutif," kata Mahfud.

Dalam kesempatan itu, Mahfud mengatakan gangguan politik di tubuh kejaksaan memang tak bisa terhindarkan. Bahkan jaksa nakal pun kata dia masih ada hingga saat ini.

Meski begitu, saat ini tindakan disiplin dan penegakan hukum terhadap jaksa-jaksa nakal tersebut telah dilakukan secara transparan.

"Saya melihat juga merit system sudah mulai membaik, promosi dan mutasi sudah dikendalikan dengan sistem teknologi informasi yang bisa diawasi oleh masyarakat secara lebih transparan," kata dia.

(tst/ain)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER