BMKG Sebut Gempa Tojo Una Sulteng Tergolong Besar

CNN Indonesia | Senin, 26/07/2021 22:53 WIB
BMKG menyatakan gempa magnitudo 6.5 di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, dikhawatirkan bisa memicu kerusakan. Ilustrasi. (Istockphoto/ Enot-poloskun)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa dengan magnitudo 6.5 yang mengguncang wilayah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, malam ini, Senin (26/7) dikhawatirkan bisa memicu kerusakan di kawasan penduduk setempat.

"Kalau melihat skala MMI-nya. Ini termasuk cukup besar yaitu terutama di Ampana 5-6 MMI dan 5 skala MMI di Luwuk, Poso, Morowali. Ini juga dikhawatirkan akan berdampak merusak apabila di situ banyak rumah," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi tersebut," ujarnya.


Dwikorita meminta agar dilakukan pengecekan di wilayah yang merasakan getaran dengan skala 5-6 MMI.

Ia menjelaskan berdasarkan episenter dan hiposenter, gempa bumi yang terjadi itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi, karena sesar lokal.

"Hasil analisis sumber bahwa gempa ini memiliki pergerakan normal atau patahan normal," ujarnya.

Ia mengatakan, sejauh ini BMKG mencatat ada satu kali gempa susulan dengan kekuatan 3,4 magnitudo setelah gempa dengan kekuatan 6,5 tersebut.

"Gempa susulan hingga hari senin 26 Juli, pukul 20.40 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan ada satu aktivitas gempa bumi susulan setelah gempa yang terakhir tadi, itu dengan kekuatan 3,4," ujarnya.

(yoa/ayp/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK