Lanud Husein Tak Yakin Suara Misterius Berasal Dari Pesawat

CNN Indonesia | Rabu, 28/07/2021 00:30 WIB
Pengelola Lanud Husein Sastranegara, Bandung tak yakin suara misterius yang viral di media sosial berasal dari pesawat Pengelola Lanud Husein Sastranegara tak yakin suara misterius yang viral di media sosial berasal dari pesawat (ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra)
Bandung, CNN Indonesia --

Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Husein Sastranegara menanggapi isu suara gemuruh misterius yang terdengar oleh warga Kota Bandung, Jawa Barat. Suara tersebut didengar oleh warga yang tinggal di wilayah Cibogo, Sarijadi, sekitar pukul 23.13 WIB pada Senin (26/7) malam.

Kapen Kahormatau Lanud Husein Sastranegara, Mayor Ari Priyandoko tak yakin suara yang dimaksud berasal dari pesawat. Selain itu, warga sekitar pun sudah terbiasa dengan suara pesawat, sehingga seharusnya warga tak kaget lagi.

"Enggak ngerti saya yang diviralkan itu kok suara kaya gitu ya. Kaya suara pesawat tapi kan jauh itu dari Husein," kata Ari saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (27/7).


"Kalau seandainya warga sekitar di Bojongkoneng atau di daerah Cimindi kalau mau menghebohkan itu ya mungkin warga baru kali ya. Tapi kalau orang-orang lama di situ enggak heran. Tapi ini yang memviralkan dari daerah Sukajadi cukup jauh," tambahnya.

Ari menjelaskan bahwa memang ada kegiatan pemeliharaan pesawat Hercules pada Senin (26/7) malam. Namun, kegiatan berlangsung sebentar sekitar pukul 21.00 WIB.

"Pada saat semalam memang kita ada pemutaran mesin atau engine running di Sathar 15 untuk pesawat Hercules. Tapi cuma sebentar, sekitar jam 9-10 malam," kata Ari.

Akan tetapi, dia tidak yakin suara misterius yang dimaksud berasal dari kegiatan pemeliharaan pesawat itu. Terlebih, suara mesin pesawat Hercules baru bisa didengar oleh warga yang jaraknya berada 10-20 kilometer dari Lanud Husein Sastranegara.

Dengan jarak 10-20 kilometer, suara mesin pesawat biasanya terdengar samar-samar. Apabila semua baling-baling Hercules dinyalakan pun seharusnya tidak terlalu keras terdengar.

Kecuali jika di lanud ada pesawat tempur atau pesawat jet. Dia mengatakan suara pesawat tempur atau jet memang lebih keras. Tetapi di Lanud Husein Sastranegara tidak ada jenis pesawat tersebut.

"Kalau di Husein itu ada maintenance tapi enggak ada pesawat tempur atau pesawat jet, yang ada propeller. Mesin pada saat running untuk tenaga propeller tidak sekencang itu kedengarannya," ujar Ari.

Sebelumnya, media sosial diramaikan oleh isu suara misterius di wilayah Bandung. Suara gemuruh tersebut seperti dibagikan akun Instagram @infobandungkota, terdengar pada Senin (26/7) malam sekitar pukul 23.13 WIB dari wilayah Cibogo, Sarijadi, Bandung.

Sekilas suara tersebut mirip dengan suara deru mesin pesawat. Dari video berdurasi 20 detik yang diunggah akun Instagram, sejumlah warganet pun turut mendengar suara tersebut.

(hyg/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK