Politikus DPR Gerah Isu Influencer Dapat Vaksinasi Ketiga

CNN Indonesia | Kamis, 29/07/2021 08:35 WIB
Politikus dari PAN di DPR mendesak Kemenkes segera menyelidiki dan mengungkap benar atau tidaknya isu influencer dapat vaksinasi ketiga. Ilustrasi vaksinasi Covid di Jakarta. (CNN Indonesia/ Adi Maulana)
Jakarta, CNN Indonesia --

Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay mendesak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjelaskan secara terbuka isu vaksinasi dosis ketiga alias booster telah digunakan untuk kalangan tertentu, termasuk influencer.

"Jika misalnya booster ketiga sudah ada untuk kalangan tertentu harus dijelaskan terbuka. Sehingga tidak ditimbulkan isu dan desas desus tak perlu," kata Saleh kepada CNNIndonesia.com, Kamis (29/7).

Saleh meminta agar Kementerian Kesehatan mengecek langsung kebenaran isu tersebut. Menurut dia, pemerintah seharusnya memprioritaskan tenaga kesehatan (nakes) ketimbang influencer untuk mendapat suntikan vaksinasi Covid-19 dosis tiga.


"Justru menurut saya pemerintah jangan lari dari agenda yang ditetapkan. Kalau untuk nakes, ya nakes dulu. Jangan dulu ke influencer," kata dia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya sempat mengatakan vaksin asal Amerika Serikat Moderna akan digunakan sebagai booster bagi para nakes.

Saleh menegaskan bahwa booster vaksin penting diberikan bagi nakes sebagai prioritas utama. Sebab, mereka sangat potensial terjangkit virus corona karena harus menangani pasien yang telah terpapar.

Ia juga mengklaim sampai saat ini anggota DPR juga belum menerima pemberitahuan untuk mendapatkan booster vaksin ketiga. 

"Betul bahwa banyak orang menginginkan vaksin Moderna. Tapi saya minta Kemenkes fokus pakai agenda mereka. Kalau ada orang yang minta divaksin Moderna, jangan mengganggu prioritas untuk nakes dulu," kata Saleh.

Isu influiencer mendapat vaksinasi ketiga beredar di media sosial. Sejumlah unggahan soal itui viral di Instagram. 

Ada unggahan menunjukkan seorang influencer diduga mendapatkan vaksin Covid-19 dosis tiga. Lokasi penyuntikan disebut-sebut dilakukan di gedung pemerintahan.

Pihak Kemenkes saat ini tengah menelusuri influencer yang diduga mendapat jatah suntikan vaksinasi Covid-19 tahap ketiga tersebut.

(rzr/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK