Masyarakat Diminta Waspadai Pihak Mengaku KPK

CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 04:15 WIB
Ada pihak yang menggunakan nama dan logo KPK di Kalimantan Barat. KPK meminta warga waspadai hal itu karena bisa terjadi di daerah lain. Masyarakat diminta waspada terhadap pihak yang mencatut nama serta logo KPK (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelaksana Tugas Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, mengatakan pihaknya memperoleh informasi terkait pihak yang mengaku berafiliasi dan bekerja sama dengan KPK. Pihak dimaksud menyebut sebagai bagian dari Satgas Pungli dari Lembaga Aliansi Indonesia.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu berhati-hati dengan pihak yang mengaku bekerja sama dengan KPK dan mencantumkan logo KPK pada atribut atau produknya," ujar Ali melalui pesan tertulis, Kamis (29/7).

Ali mengatakan pihak tak bertanggung jawab tersebut melakukan aksinya di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Ia menduga aksi serupa juga terjadi di daerah lain.


"Banyak juga lembaga yang memiliki nama mirip dengan KPK, kami pastikan lembaga tersebut tidak memiliki hubungan kerja sama dengan KPK RI," kata juru bicara berlatar belakang jaksa ini.

Ia mengimbau agar masyarakat melapor jika menemukan dugaan penipuan yang mengatasnamakan KPK. Laporan bisa dilayangkan melalui call center 198 atau e-mail [email protected] dan [email protected].

Informasi ini bukan kali pertama yang diterima oleh KPK. Pada semester pertama tahun 2019 lalu, lembaga antirasuah setidaknya sudah menerima 60 laporan dugaan penipuan atas nama KPK.

Dari laporan tersebut diketahui bahwa masyarakat dihubungi nomor telepon tertentu. Lalu, mesin penjawab yang bicara dan masyarakat diarahkan untuk menekan tombol 0 atau angka tertentu.

(ryn/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK