Gibran Mau Bantu Semua Anak yang Kehilangan Ortu Saat Pandemi

CNN Indonesia | Kamis, 29/07/2021 20:02 WIB
Sejauh ini sudah ada tiga anak yatim piatu yang bakal dibantu biaya hidup dan pendidikannya oleh Walkot Solo Gibran Rakabuming Raka. Walkot Solo, Gibran Rakabuming Raka ingin membantu biaya hidup dan pendidikan anak-anak yang ditinggal orang tuanya selama pandemi Covid-19 (CNN Indonesia/ Safir Makki)
Solo, CNN Indonesia --

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka ingin membantu biaya hidup dan pendidikan anak-anak di wilayahnya yang kehilangan orang tua selama pandemi virus corona (Covid-19).

Dia mengatakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan melakukan pendataan untuk mengetahui daftar anak yang kehilangan orang tua.

"Nanti kita bantu semua anak yang ditinggal orang tua karena Covid. Biar didata Dispendukcapil sama kelurahan setempat dulu," kata Gibran saat ditemui di Balaikota Solo, Kamis (29/7).


Sejauh ini, sudah ada tiga anak yang bakal dijamin biaya pendidikan dan kebutuhan sehari-harinya oleh Pemkot Solo.

Tiga anak tersebut menjadi yatim piatu setelah ayah mereka, Sarjono meninggal dunia Minggu (11/7) setelah lima hari dirawat di rumah sakit karena Covid-19. Sedangkan ibu mereka sudah meninggal dunia awal tahun lalu.

Gibran mengaku ajudannya telah menyiapkan administrasi yang diperlukan untuk menyalurkan biaya pendidikan. Bantuan akan segera diserahkan setelah tiga anak tersebut memiliki rekening khusus.

"Yang tiga anak itu sudah diurus semua. Tinggal nunggu rekening saja, soalnya kemarin baru pindah ikut KK (Kartu Keluarga) omnya," kata Gibran saat ditemui di Balaikota Solo, Kamis (29/7).

Gibran enggan menyebutkan sumber maupun besaran bantuan pendidikan yang diberikan. Ia juga tidak menjawab saat ditanya sampai kapan biaya pendidikan tiga anak tersebut dijamin.

"Ngewangi rasah disebutke (membantu tidak usah disebutkan)," jawabnya.

Selain menjamin biaya pendidikan, Gibran juga mengaku akan membantu keperluan sehari-hari tiga anak tersebut.

"Gampang, ngko tak bantu dewe (gampang, nanti tak bantu sendiri," katanya.

(syd/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK